Sutradara Days Gone: Skor Metacritic Adalah Segalanya untuk Sony

in , ,
Daysgonereview2

Kabar ditolaknya proyek Days Gone 2 oleh Sony mengecewakan banyak gamer, salah satunya ialah David Jaffe, desainer dari God of War dan juga Twisted Metal. Ingin mengetahui lebih dalam soal apa yang terjadi, David Jaffe mengajak developer Days Gone untuk membicarakannya lewat channel Youtube-nya. Minggu lalu, Jaffe berbincang dengan sang sutradara utama Jeff Rose, kali ini ialah John Garvin selaku creative director dan juga penulis game.

Gavin hengkang dari Sony Bend Studio tak lama setelah perilisan game yaitu pada April 2019 silam. Ia menceritakan bahwa Sony menanggapi skor Metacritic dengan sangat serius, dan bahkan menjadi penentu karir seseorang maupun franchise tersebut.

“Saya menerimanya dengan berat hati jujur saja, karena lagi-lagi… Inilah realita dari Sony, skor Metacritic adalah segalanya. Jika kamu ditunjuk seorang creative director dari sebuah franchise dan game buatanmu mendapat skor 70, kamu tidak akan jadi creative director lagi dari franchise tersebut dalam waktu yang lama.”

Sony memang memegang catatan yang baik untuk urusan game first-party. Game seperti The Last of Us, Uncharted, Spiderman, Horizon Zero Dawn, dan lainnya mendapatkan skor yang baik dan bahkan luar biasa. Hal tersebut tentunya baik untuk mendorong penjualan game dan juga console mereka.

Namun tak semua game dengan review baik tampaknya mengalami kasus serupa. Gravity Rush yang juga mendapat skor baik di Metacritic tidak mendapatkan kelanjutan dan studio pengembangnya tengah distruktur ulang kemungkinan besar karena penjualan komersil yang lemah.

Days Gone mungkin tak mendapatkan review gemilang layaknya game first-party lain, tetapi telah membangun komunitas penggemarnya sendiri hingga mereka membangun petisi terhadap Sony setelah kabar penolakan greenlight sekuel tersebar.

Jeff Ross selaku sutradara merasa terharu dengan antusias fans, dan berharap Sony dapat berubah pikiran atas keputusan mereka.

Days Gone telah dirilis untuk PS4 dan sebentar lagi akan sambangi PC pada bulan Mei mendatang.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.