Sutradara Diablo 4 Sarankan Player Stop Dulu Bermain Jika Memang Sudah Jenuh

Sutradara Diablo 4

Joseph Piepiora Sutradara Diablo 4 – Blizzard akhirnya memulai konten musiman untuk Diablo 4 dengan perilisan Season of the Malignant. Perilisan season baru ini membuat takut banyak pendatang baru setelah mengetahui kalau mereka harus buat karakter seasonal untuk mainkan season pass mereka.

Tentunya untuk fans lama, sistem ini tidaklah mengejutkan lagi tetapi melihat Diablo 4 menjadi rilis terbesar dan tersukses di franchise tersebut, kedatangan banyak pemain baru bukanlah hal yang mengejutkan.

Sutradara Diablo 4 Sarankan Stop Dulu Bermain Jika Memang Sudah Jenuh

Sutradara Diablo 4 Sarankan Setop Dulu Bermain Jika Memang Sudah Jenuh

Mengulang karakter dari nol tentunya banyak membuat banyak pemain malas, khususnya dengan grind endgame yang dinilai terlalu panjang khususnya saat memasuki level 80 keatas. Hal ini membuat sang sutradara game, Joseph Piepiora sarankan pemain untuk setop bermain jika memang mulai capek.

Lewat developer livestream bersama Gamesradar+, Joseph mengatakan bahwa apabila pemain sudah selesaikan semua konten di game, disarankan untuk setop bermain sejenak.

Dia mengerti bahwa grind di seri Diablo atau bahkan ARPG pada umumnya itu melelahkan dan tidak ada paksaan untuk selalu aktif.

“Ketika kamu sudah capai semua tujuan dan semua hal yang bagimu penting, istirahat saja, tidak apa-apa… kami juga pasti bakal lakukan hal yang sama. Ketika season baru tiba dan banyak hal baru untuk kamu telusuri, itu adalah momen yang tepat untuk kembali… itu adalah saat di mana kamu harus main kembali dan mengecek Diablo 4.”

Joseph Piepiora

Dia juga menjelaskan bahwa season adalah saat di mana semua orang kembali dari nol. Maka tidak ada unsur paksaan untuk selalu bermain setiap hari karena setiap progres pemain akan setara dan tidak ada yang tertinggal ketika season baru muncul.

Sutradara Final Fantasy XIV Juga Pernah Beri Saran Serupa

Diablo 4

Hal serupa pernah disampaikan oleh sutradara sekaligus produser dari Final Fantasy XIV yakni Naoki Yoshida. Dia juga pernah menyarankan pemain untuk berhenti pemain jika mulai jenuh dan kehabisan konten untuk dilakukan.

Dia tidak memaksa orang untuk setiap hari login ke game MMO mereka dan lebih menyarankan untuk kembali ketika memang mau atau ada update konten dirilis.

MMO dan ARPG seperti Diablo 4 memiliki kesamaan di mana progres pemain adalah hasil dari grind mereka. Semakin lama grinding, semakin tinggi juga progres karakter mereka. Namun pada akhirnya, jika pemain mulai jenuh, tak dapat dipaksakan lagi.

Hal ini menarik melihat banyak game serupa lainnya akan mendorong dan mencari segala cara agar pemain mau login setiap hari di game mereka lewat berbagai taktik FOMO (fear of missing out) untuk memaksimalisasi profit.

Meskipun sarannya baik, game ini masih membutuhkan banyak perubahan untuk membuat pemain ingin terus kembali di tiap season khususnya pada tahap endgame dan juga sistem looting yang kurang memuaskan.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Diablo beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version