Sutradara Overwatch, Jeff Kaplan Bicarakan Competitive Play

symmetra

Bila kita melihat perkembangan Overwatch akan jadi apa kedepannya, tentunya tidak akan lepas dari pemikiran kita akan segi gameplay yang lebih kompetitif. Hal ini banyak menyita perhatian para gamer akan hadirnya competitive play dari Blizzard, mengingat sudah banyak player yang meninggalkan game-game yang lebih kental akan permainan yang lebih kompetitif, sebut saja League of Legends dan beralih memainkan Overwatch. Bahkan, tim e-Sport untuk game ini juga sudah banyak bermunculan. Tidak hanya itu saja, beberapa turnamen baik online, lokal, maupun kelas internasional juga sudah dimulai. Ini merupakan salah satu poin kesuksesan Overwatch, mengingat game ini baru berumur jagung.

Banyaknya keinginan gamer untuk competitive play ini direspon oleh Blizzard melalui sutradara Overwatch, Jeff Kaplan yang menjelaskan Competitive Play mode yang akan dirilis bulan ini. Banyak hal yang Blizzard ganti dari mode Assault dan bagaimana competitive mode juga akan mempengaruhi rankingmu.

Mode Assault akan diganti agar permainan berjalan lebih lama dari biasanya. Tujuannya untuk memberikan kesempatan bagi kedua tim untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Selain itu, Kaplan juga menjelaskan mengenai sistem ranking di Competitive Play. Jika sistem yang lama memfokuskan ke progress, dimana jika kamu mencapai level tertentu misalnya akurasi 50% akurasimu tidak akan pernah turun, maka di sistem yang baru ini hanya akan fokus ke rating skillmu untuk menentukan siapa musuhmu. Pada awal permainan kamu akan bisa melihat rating skill setiap player, jadi kamu bisa mengetahui dengan dan melawan siapa kamu bermain. Sistem rating ini juga bisa turun, karena tidak selamanya player memiliki kemampuan yang sama. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan kosmetik tertentu seperti spray dan player icon yang hanya bisa kamu dapatkan jika kamu ikut serta dalam Competitive Play. Kaplan juga menambahkan bahwa, mereka akan menambahkan customized gun system, dimana senjatamu akan berubah menjadi warna emas jika kamu mencapai level tertentu di Competitive Play.

Di sisi lain, Kaplan juga menjelaskan bahwa mereka sedang membuat hero dan map baru yang akan diimplementasikan tahun ini. Kaplan meminta maaf karena ia tidak bisa menjelaskannya sekarang, ia juga menolak berjanji untuk menentukan tanggal rilis hero dan map baru karena mereka masih ingin mengembangkannya lebih jauh lagi.

Kaplan berkata bahwa, Blizzard ingin game-game mereka “bagus sesuai keinginanmu”, karena mereka tidak hanya membuat gamenya saja, namun memainkannya. Ia juga menambahkan bahwa, mereka akan membuat beberapa perubahan mode-mode yang mereka berikan dan akan menggantinya sesuai feedback player di forum mereka.

Source: Playoverwatch

Exit mobile version