[OPINI] Kenapa Switch Clicky Mechanical Keyboard Kurang Disukai oleh Gamer?

Switch Clicky Mechanical Keyboard

Di dunia hobi, tampaknya ada banyak alasan untuk tidak menyukai sesuatu di dalamnya, entah apa alasannya. Sama halnya dengan switch clicky mechanical keyboard yang nyatanya kurang disukai oleh para gamer, karena identik dengan berisik.

Buat sebagian orang, terutama awam, bunyinya termasuk menyebalkan. Identik dengan “klik klik klik klik,” – layaknya suara mesin tik, amat sangat bising dan menyebalkan ketika didengar dalam waktu lama, terlebih bila kebetulan teman semeja kita di kantor atau sekolah yang gunakannya. Mau menegurnya segan, tapi bila tak ditegur malah kena mental.

Sebenarnya ini adalah masalah selera, namun tidak ada salahnya untuk membahasnya lebih lanjut karena faktanya banyak yang menjual mechanical keyboard dengan switch clicky (terutama yang murah meriah) dan masih saja laku di pasaran yang dikombinasikan dengan deskripsi yang bakal meyakinkan.

Jadi, pada kesempatan kali ini izinkan penulis memberikan opini yang gak panjang-panjang amat dan setidaknya bakal membuat pikiran kita terbuka.

Apa Itu Switch Clicky?

Ada banyak sekali switch berisik

Buat kalian yang termasuk awam dan baru-baru ini tertarik untuk terjun ke dunia mechanical keyboard, kemungkinan kalian akan bertanya-tanya apa itu switch clicky, bukan? Nah, switch clicky adalah salah satu dari tiga jenis switch yang umum digunakan pada mechanical keyboard dan memiliki suara layaknya mesin tik zaman dulu.

Konon, switch ini dikatakan akan mampu menunjang produktivitas saat bekerja dan memainkan game, karena faktanya di lapangan, kebanyakan brand akan merekomendasikan switch jenis ini untuk memenuhi aktivitas tersebut, meski kenyataan di lapangan jauh berbeda.

Kenapa Banyak Gamer yang Kurang Menyukai Switch Clicky?

Kalau boleh jujur, sebenarnya tidak ada larangan untuk memakai switch clicky dalam temani aktivitas, baik itu saat bekerja maupun gaming. Hal ini dikarenakan suara yang dihasilkannya memang memiliki kekhasan alias keunikannya tersendiri, yang konon bisa mempermudah kita mendengar tombol tersebut sudah berhasil kita tekan.

Nah, kepastian saat tombol tersebut sudah berhasil kita tekan inilah yang menjadikan sekelompok gamer, terutama para pemula yang merasa jatuh hati dengan switch clicky – demi kepastian. Namun, ternyata kenyataannya tidaklah demikian karena kebanyakan gamer saat ini kurang menyukai switch bising.

Salah satu sepuh dengan clicky favoritnya

Alasannya pun bermacam-macam. Ada yang kurang menyukai suara berisik yang dihasilkan, ada yang kurang menyukai kesan ‘murah’, ada pula yang kurang menyukainya karena tombolnya kurang cepat saat ditekan, dan dalam kasus tertentu, membuyarkan pendengaran gamer saat mendengar ‘step’ di dalam game.

Ingin membalas chat atau berkomunikasi lewat voice chat teman setim di dalam game, namun justru mendapat cercaan karena switch yang kamu gunakan terlalu berisik? Santai aja brott, karena itu merupakan hal yang amat sangat lumrah terjadi.

Bisa mengobrak-abrik komunikasi saking berisiknya

Dikatakan diskriminasi juga tidak bisa, karena clicky memang merupakan salah satu dari tiga jenis switch yang umum digunakan, dan itu adalah hal kalian untuk tetap gunakannya apapun yang terjadi sembari mungkin mencari keyboard atau switch lain.

Yah mungkin di antara dari kalian memang ada yang menyukai switch clicky tersebut, dan tidak merasa kesulitan apapun karena hanya gunakan PC apa adanya dan sebatas untuk gunakannya secara biasa-biasa saja dan tidak intens. Namun tetap saja kalian justru malah termasuk sekelompok kecil yang menyukai switch jenis ini.

Salahkah Kita Bila Gunakan Switch Clicky Mechanical Keyboard untuk Bekerja?

Gunakan clicky untuk menunjang produktivitas sampai titik teratas

Banyak yang berpikir bahwa memakai switch clicky di kantor maupun di sekolah tentunya adalah hal yang sangat gegabah kecuali kamu memang mau diusir dan dibenci oleh semua temanmu.

Hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan switch ini faktanya memang menyebalkan, terlebih bila digunakan dalam kondisi ruangan tanpa suara – di kantor misalkan.

Bukan bermaksud merendahkan atau menyudutkan, namun penulis paham kok kekesalan kalian saat mendengar “klik klik klik klik” selama kurang lebih delapan jam. Mungkin teman kalian yang mendengar berkata tak kesal, namun dipendam dalam hati gimana caranya nyumpel itu keyboard yang kita gunakan supaya tidak terlalu berisik.

Untungnya ada banyak sekali jenis switch di dunia mechanical keyboard, termasuk switch clicky yang ternyata tidak hanya identik dengan blue switch saja. Berdasarkan pengamatan penulis, ada banyak sekali pilihan switch dengan karakteristik clicky yang bisa dicoba, salah satunya dari Kailh, karena bunyi clicky-nya amat sangat sopan.

Sayangnya, pada kenyataannya kebanyakan mechanical keyboard terutama yang murah meriah hanya menyediakan switch clicky murah meriah sekelas Outemu, Gateron, atau parahnya switch tanpa nama, membuat awam merasa switch berisik tidak akan ideal bila dibawa untuk bekerja.

Kalah Pamor dari Switch ‘Silver’

Kalah pamor dari switch silver alias speed

Tidak hanya berdasarkan beberapa alasan di atas, faktor lain yang menyebabkan switch clicky mechanical keyboard jadi kurang disukai oleh gamer dikarenakan kalah pamor dan performa dari switch silver yang tidak berisik dan terbukti memberikan respon yang lebih cepat ketimbang clicky karena Actuation Travel-nya hanya sekitar 1mm.

Tidak hanya itu, switch silver juga menawarkan Total Travel yang lebih cepat, di kisaran 3mm saja, membuat tombol yang kita tekan menjadi lebih responsif dan membuat pengalaman bermain game menjadi lebih memuaskan ketimbang switch jenis clicky pada umumnya.

Salah satu kelebihan lainnya adalah suara yang dihasilkannya pun tidak berisik karena termasuk switch jenis linear. Alhasil, tidaklah heran bila kebanyakan gamer saat ini akan lebih memilih mechanical keyboard yang lebih mahal, namun sudah dibekali switch silver – atau switch linear bila budget belum mencukupi.

Bila pun terpaksa upgrade dari switch clicky ke linear, modal yang dibutuhkan umumnya tidak terlalu banyak karena satu switch-nya berkisar tidak akan sampai lima ribuan untuk switch non-premium.

Nah, itulah dia sedikit opini dari penulis terkait alasan kenapa switch clicky mechanical keyboard kurang disukai oleh gamer. Gimana menurutmu, brott? Apakah kamu adalah salah satu gamer yang sebal karena kehadiran switch clicky ini, atau justru senang dengan kehadirannya karena bisa memeriahkan suasana?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version