Tahun 2020, SEGA Ingin Game Jepang Mereka Diterjemahkan Dulu Sebelum Dirilis

in

Permasalahan utama pada Region Lock suatu game memang terletak pada bahasa. Permasalahan ini nampaknya tak hanya menjadi masalah bagi para player yang ingin memainkan game-game tertentu disuatu negara, namun juga masalah ini mempengaruhi profit perusahaan game tersebut. Berdasarkan Integrated Report perusahaan jepang Sega Sammy tahun 2018, target tahun 2020 mereka adalah merilis game ke Global secara bersamaan.

SEGA beranggapan bahwa dengan merilis game jepang secara global mereka mampu meraup keuntungan lebih dan juga menerima lebih banyak respon positif dari gamer di luar sana. Perusahaan Jepang itu mengambil contoh kesuksesan Persona 5 dan juga Yakuza 6 yang sedari awal sudah menyediakan bahasa Global. Mereka juga sadar bahwa seterkenal apapun game tersebut di Jepang, mereka tidak akan bisa memenangkan pasar Global jika masih terkendala bahasa.

No matter if a game is popular in Japan, it is unlikely to win over fans around the world if the localization is insufficient.

Lalu Apa Langkah Kongkritnya ?

SEGA mengaku sudah menyiapkan Tim Studio khusus bernama ATLUS untuk melokalisasi game Jepang. Mereka juga mengaku bahwa langkah tersebut memang telah membawa dampak yang signifikan. ATLUS sendiri telah menjadi bagian dari Grup SEGA sejak tahun 2013 ketika Transfer bisnis. Studio tersebut terletak di California, USA.

Visualisasi bagaimana cara kerjanya nanti

Sistemnya adalah Studio ATLUS milik SEGA akan terlebih dahulu menerima copy game Jepang saat game tersebut masih dalam tahap Developtment, bukan setelah game tersebut dirilis. Studio tersebut lalu akan bergegas menterjemahkan game tersebut sehingga ketika game tersebut telah rampung digarap, bahasa yang dibutuhkan telah tersedia secara Global. SEGA sendiri mengaku bahwa target mereka pada tahun 2020 adalah memperkuat hubungan dan juga efektifitas dari kedua Studio tersebut.

Selain lokalisasi dan menghidupkan IP lama seperti Shenmue SEGA juga nampaknya tengah menggarap IP baru yang diadaptasi dari Anime series terkenal di Jepang yaitu SAKURA WARS.

Jadi gak sabar memainkan game-game ini dengan bahasa yang bisa dinikmati mayoritas orang, kalau kalian nunggu game apa?

Source: Sega Sammy , Nintendo Life

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person