Tak Digarap Squad, Berikut Alasan Kerbal Space Program 2 Dikerjakan Developer Lain


Squad jelaskan kenapa mereka tak menggarap sekuelnya.

Hadirkan game simulasi merakit roket dan bagaimana cara mengatur sebuah kantor yang bergerak di bidang antariksa, Kerbal Space Program menjadi salah satu game indie yang buat nama Squad melambung tinggi. Hal ini berkat bagaimana kreativitasmu akan diuji dalam membuat prototipe roket yang akan mengorbitkanmu ke luar angkasa. Membuat pelajaran fisika, antariksa, dan astronomi menjadi lebih menyenangkan berkat gamenya. Kesuksesannya hantarkan gamenya untuk dapatkan sekuel di iterasi kedua. Namun sayang, Squad tak lagi mengerjakan sekuelnya. Mereka menyerahkannya kepada Star Theory dan akan dipublish oleh Private Division, salah satu label publishing video game milik Take-Two Interactive yang juga mempublish game orisinalnya.

Tentunya dikerjakan oleh kreator yang berbeda akan meninggalkan kesan yang buruk bagi franchisenya. Memberikan fans harapan bahwa Kerbal Space Program 2 miliki sesuatu yang sama dan baru dalam waktu yang bersamaan. Membuat tugas Star Theory menjadi lebih berat dari game yang biasa mereka kerjakan yakni Planetary Annihilation dan Dino Frontier.



Namun rupanya penyerahan mandat ini bukan tanpa alasan. Creative Director Squad, Nate Simpson mengatakan pada GamesIndustry bahwa keputusan mereka tersebut dikarenakan agar Squad bisa lebih fokus pada pengembangan Kerbal Space Program. Menurutnya, game orisinal yang mereka buat saat ini miliki komunitas modding dan fans yang miliki passion yang luar biasa terhadap gamenya. Mereka bahkan merilis konten ekspansi yang menurut Simpson tidak akan diganggu oleh Private Division. Oleh karena itulah mereka memutuskan untuk menyerahkan sekuelnya pada Star Theory, sementara mereka sendiri akan terus mendukung game orisinalnya.

Simpson mengatakan bahwa game yang saat ini telah berumur delapan tahun tersebut kini masih miliki komunitas yang kuat. Ia dan Squad sangat puas akan pencapaian yang telah mereka raih. Mereka berharap bahwa fans akan lebih menyukai sekuelnya, Kerbal Space Program 2 di masa datang saat gamenya dirilis.

Kerbal Space Program 2 saat ini direncanakan untuk rilis di PC pada musim semi tahun 2020 mendatang. Belum ada kejelasan kapan tanggal rilisnya. Kamu bisa mengikuti kabar teranyarnya agar mendapatkan informasi terlebih dahulu saat Private Division dan Star Theory resmi mengumumkan tanggal rilisnya atau fitur teranyarnya.

Contact: akbar@gamebrott.com