Tak Hanya RTS, Stronghold: Warlords juga Fokus pada Pengaturan Kastil

in ,
Stronghold: Warlords kini juga fokuskan pada pengaturan manajemen kastil.

Sejak pertamakali dirilis, seri Stronghold selalu fokus pada dua hal penting, yakni membuat kastil raksasa yang sangat kuat dan menghancurkan musuh serta kastilnya. Menariknya, pada iterasi teranyarnya, Stronghold: Warlords yang fokus pada kerajaan Asia, Firefly Studios tunjukkan bagaimana pembangunan kastil kini juga akan menjadi lebih baik.

Dalam video teranyarnya, Firefly Studios menjelaskan beberapa hal tentang kastil yang kini sangat berpengaruh dalam perkembangan kota/negaramu. Mulai dari jalan yang bisa kamu bangun demi terciptanya kecepatan suplai bahan baku seperti makanan. Hingga bahan baku baru untuk wargamu.

Karena fokus Stronghold: Warlords kini ada pada kerajaan Asia, maka wajar apabila beras, sayuran, dan daging babi menjadi kebutuhan utama. Pengembangan bahan baku tersebut akan tergantung “popularitas”-mu. Jika kamu miliki tingkat popularitas tinggi, maka banyak petani dan warga yang berbondong-bondong ke kastilmu. Sebaliknya, mereka akan meninggalkanmu. Jadi, kamu harus memperhatikan manajemen bahan baku markasmu.


Sistem “Fear Factor” juga akan kembali setelah lama hiatus dari serinya. Ia akan mungkinkanmu untuk representasikan gaya kepemimpinanmu. Diktator atau merakyat. Membangun alat penyiksaan di dekat rumah wargamu akan buktikan bahwa kamu adalah diktator jahat yang akan melakukan apapun demi terciptanya ambisimu. Dengan cara ini maka produktivitas wargamu akan meningkat. Sayangnya, ia akan menurunkan popularitasmu. Semakin turun popularitas maka tak hanya kamu akan ditinggalkan oleh wargamu, namun tentaramu takkan miliki moral yang baik saat pertempuran.

Sementara, membangun bunga sakura, tempat opera, atau hiburan lain akan meningkatkan moral warga dan tentaramu. Damage yang akan dihasilkan serangan tentaramu juga akan meningkat. Sayangnya, ia akan menurunkan tingkat produktivitas. Hal ini disebabkan karena wargamu lebih banyak yang bersenang-senang, dibanding membajak sawah.

Stronghold: Warlords juga perkenalkan mekanik baru bernama “Spirit”. Hal ini ditandai dengan bangunan kuil yang bisa kamu dirikan. Sama seperti seri sebelumnya di mana masjid dan gereja juga bisa dibangun, kuil juga akan menambahkan tingkat popularitasmu meskipun negara/kotamu miskin.


Rumah juga akan menjadi salah satu faktor penting dalam pengembangan negara/kotamu. Terdapat berbagai tingkatan rumah, mulai dari “minimalis” untuk mereka yang miskin, hingga mereka yang ingin kenyamanan. Membangun rumah untuk warga, akan meningkatkan popularitasmu tergantung tingkatan rumah yang kamu bangun. Semakin baik maka semakin tinggi pula popularitasmu. Selain itu, ia juga akan tingkatkan populasi wargamu.

Selain manajemen isi kastil yang menjadi hal yang sangat krusial dalam setiap serinya. Stronghold: Warlords juga akan tambahkan diplomacy points. Ini bisa didapatkan dengan membangun Embassy agar bisa melakukan kerjasama kepada para pimpinan perang atau yang disebut “Warlords”. Setiap Warlord akan miliki kemampuannya masing-masing. Mulai dari membangun kastil dengan biaya yang sangat rendah, hingga mengatur agar gudang makananmu tetap penuh. Kamu akan miliki bangunan baru bernama “Embassy” yang akan terus munculkan diplomacy points. Diplomacy points akan mungkinkanmu untuk bekerjasama dengan warlord lain yang tersebar di penjuru map. Kamu bisa menyuruhnya untuk mengupgrade kastil atau memerintahkannya untuk hal lain.


Embassy miliki banyak tipe, mulai dari yang kecil hingga besar. Sayangnya, membangun bangunan ini akan membutuhkan banyak sekali gold. Jadi, kamu harus melindunginya sampai lategame agar justru tak merugikanmu. Kecuali kamu sudah kaya raya.

Stronghold: Warlords akan dirilis tahun 2020 mendatang di PC. Belum ada kejelasan dari Firefly Studios untuk perilisannya. Namun kamu bisa mengikuti semua beritanya melalui link berikut.

contact: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Hailing from East Java, Indonesia. Akbar plays almost all video game genres except horror games, but still trying to play it. A simple man who specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]