Tak Hanya VGA, Laptop Gaming Juga Jadi Sasaran Mining Bagi Sejumlah Miner di Cina

in , , ,
6d0b65e7ly1gndnq9mi3jj20o60i4q4u
Sumber: Weibo

Semenjak meroketnya mata uang crypto terutama Bitcoin pada pertengahan Januari yang lalu, para penambang mulai kembali mencari mata uang crypto dengan cara menambang menggunakan VGA diskrit dari NVIDIA maupun AMD.

Munculnya fenomena mining seperti saat ini, secara tak langsung berdampak pada ketersediaan stock VGA yang berada di berbagai toko. Tak hanya itu, saking langkanya ketersediaan VGA di pasar, beberapa toko juga mulai menaikkan harga dari suatu VGA.

1610703187 Nvidia May Produce Exclusive Mining Gpus Toms Hardware
Sumber: Tom’sHardware

Terlepas dari langkanya VGA di suatu toko, kini beberapa warga di Tiongkok telah menemukan solusi “mining alternatif” untuk mengganti langkanya VGA yang digunakan sebagai alat mining. Yakni dengan cara membeli laptop gaming bertenaga VGA dari NVIDIA seri RTX 3000 sebanyak-banyaknya untuk melakukan mining.

Kabar tersebut datang dari seorang pembocor informasi bernama I_Leak_VN yang ia sebarkan melalui akun Twitternya. Pada postingan miliknya, ia memberikan sejumlah foto laptop gaming yang digunakan sebagai alat mining dari situs Weibo milik seseorang bernama BTCer.

Hadirnya metode menambang dengan menggunakan laptop gaming sebagai alat mining, tentunya hal tersebut merupakan suatu kegiatan yang sangat berbeda dengan cara mining biasanya.

Para gamer yang sedang mencari laptop gaming, tampaknya harus waspada akan hal tersebut. Karena bila mining menggunakan laptop gaming telah terjadi di Indonesia, tak menutup kemungkinan nasib laptop gaming akan sama seperti VGA. Yakni barang tersebut akan langka dan harganya pun akan melonjak dari harga yang telah ditentukan.


Baca lebih lanjut tentang Tech, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

 

Daffa Dhiya

Written by Daffa Dhiya

Seorang Manusia yang lahir di bulan Desember, saat kecil sering memainkan game - game konsol, dan kini berpindah menuju PC dan mempunyai kesenangan terhadap Racing games, dan Adventure, Interactive games.