Tak Mau kalah dari “EGS”, Discord Beri Aturan Bagi Hasil yang Lebih Untung Lagi kepada Dev Indie

in ,

Aturan yang mulai semakin bersaing.

Epic Games Store baru-baru ini boleh saja sukses memberikan Steam sebuah syok terapi tentang betapa pentingnya memperhatikan kesejahteraan para developer kecil dalam mengkaryakan game-game mereka. Lewat presentase pembagian profit yang dirasa lebih tidak membebankan, banyak developer-developer indie silih berganti meninggalkan Steam dan mulai berpaling ke platform milik developer game Fortnite tersebut. Mampu mengungguli kebijakan 30/70 (dalam satuan persen) dari Steam dengan presentase 12/88 tanpa embel-embel komisi dari penggunaan Unreal Engine 4, Epic Games seakan sudah menjadi sesosok jagoan bagi para developer game kecil.

Namun, bukan berarti Epic Games kini akan mulai semakin leluasa menjaring developer-developer dalam memasarkan game di lapak mereka. Karena tak lama berselang, satu platform aplikasi chat khusus gamer yang kini mulai merambah dunia pendistribusian game digital, yaitu Discord telah mengumumkan suatu hal penting yang bisa membuat Steam semakin was-was, sekaligus juga sebagai bentuk peringatan awal bagi Epic Games Store sendiri.

Dilansir dari pengumuman resmi mereka di website blog Discord, terhitung mulai tahun 2019 nanti, Discord akan memberlakukan sebuah kebijakan pembagian jatah penjualan yang jauh lebih menggiurkan dari Epic Games Store. Berawal dari keluh kesah pihak developer yang sudah diungkapkan kepada mereka, Discord akan menerapkan aturan pembagian hasil dengan presentase 10/90. Melihat Discord sebagai satu platform chat yang terpopuler untuk para gamer, jelas sepak terjang awal mereka sebagai distributor game digital benar-benar terlihat sangatlah begitu potensial, apalagi bila dieksekusi dengan pembagian jatah hak yang seperti itu.

Sementara bagi pihak developer sendiri, game-game buatan mereka juga berpeluang untuk mendapatkan berjibun eksposur hanya dari satu platform yang kabarnya sudah dipakai oleh lebih dari 200 juta pengguna tersebut. Apakah dengan terjunnya Discord dan Epic Games di dunia pemasaran game-game digital, posisi Steam sebagai platform yang terkuat saat ini akan mulai goyah ? Kita lihat saja nanti.

Sumber: Discord


Jangan lupa untuk membaca informasi lain terkait platform Discord, lalu tak ketinggalan dengan cerita-cerita menarik seputar video game dari saya, Ido Limando.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]