Take-Two Mengaku Sudah Sangat “Toleran” dalam Menanggapi Karya-Karya Mod GTA

Take-Two GTA

Sebuah mod menjadi solusi baru para pemain untuk menambah konten-konten menarik pada suatu game. Namun aktifitas mod ini ternyata dipandang dapat merugikan bagi pihak perusahaan Take-Two Interactive Software, seperti kasus dihapusnya mod game GTA: San Andreas dan Vice City. Pihak Take-Two mengaku bahwa mereka sudah sangat “toleran” dalam menanggapi karya-karya mod GTA.

Take-Two Sudah Sangat “Toleran” Menanggapi Karya Mod GTA

Take-Two Mengaku Sudah Sangat "Toleran" dalam Menanggapi Karya-Karya Mod GTA 4

Dilansir dari PCGAMESN, dijelaskan bagaimana perusahaan Take-Two menanggapi masalah karya mod pada judul-judul game yang mereka pegang. Salah satu contoh bagaimana mereka merespon terhadap karya mod para gamer adalah ketika mereka melakukan takedown atau menghapus mod game GTA: San Andreas dan Vice City. Masalah ini terjadi pada pertengahan bulan Juli 2021 yang lalu.

Padahal dari pihak Rockstar Games sendiri, mereka tidak terlalu mempermasalahkan mod pada game mereka. Namun hal ini berbeda dengan pihak Take-Two yang memiliki pemikiran lain. Meskipun terlihat tidak adil bagi para gamer dan juga para modder, pihak mereka mengaku hal ini sudah sangat “toleran” dalam menanggapi karya mod GTA.

Alasan Mereka Menghapus Mod Game dari Modder

Take-Two Mengaku Sudah Sangat "Toleran" dalam Menanggapi Karya-Karya Mod GTA 5

Ada alasan tersendiri kenapa pihak Take-Two dengan tegas menghapus dan mematikan game-game yang mereka pegang seperti GTA: San Andreas dan Vice City. Pihak Take-Two mengatakan bahwa para modder tersebut telah melanggar Digital Millennium Copyright Act atau DMCA yang telah dilindungi dan disepakati ketika mereka memberikan investasi kepada game tersebut saat tahap pengembangan.

CEO dari Perusahaan Take-Two, yaitu Strauss Zelnick memberikan pernyataan terkait DMCA terhadap mod game yang mereka pegang. Berikut adalah pernyataannya yang sudah saya terjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Dalam urusan takedowns, kami jujur saja sangat toleran. Jadi, jika dari segi ekonomi menjadi sebuah ancaman atau memiliki kejanggalan buruk bagi perusahaan, kami tahu bagaimana menyelesaikannya,. Kami akan memberikan pemberitahuan untuk melakukan takedown kepada pihak tersebut.

Take-Two Telah Menghapus Banyak Mod GTA: San Andreas dan Vice City

Take-Two Mengaku Sudah Sangat "Toleran" dalam Menanggapi Karya-Karya Mod GTA 6

Para beberapa bulan ini, mod game GTA: San Andreas dan Vice City banyak yang telah di takedowns oleh pihak Take-Two. Salah satunya adalah mod karya modder bernama Silent yang telah menghapus eksistensi dari ragam mod untuk GTA: San Andreas dan Vice City. Beberapa di antaranya adalah GTA: Underground yang kini tak lagi bisa didownload via ModDB.

Selain itu, mod bernama GTA United juga terpaksa dihapus untuk menghindari masalah dengan pihak Take-Two. Mod ini memadukan semua peta mulai dari GTA 3, Vice City dan juga San Andreas ke dalam satu game.

Itulah informasi mengenai pihak Perusahaan Take-Two mengaku sudah sangat “toleran” dalam menanggapi karya mod game GTA. Bagaimana menurut kalian? Apakah tindakan Take-Two sudah benar atau salah karena telah membuat kecewa para gamer yang merupakan konsumen game yang mereka pegang?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait GTA, GTA: San Andreas atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version