Taksiran Harga GPU AMD dan NVIDIA Akhirnya Benar Turun?

Gpu Amd Nvidia

Ketenaran cryptocurrency, khususnya Bitcoin tampaknya benar-benar mulai berangsur turun, dan berhasil membuat sebagian kalangan, khususnya gamers dan content creator, berbahagia. Entah apa hal yang akibatkan penurunan taksiran sebuah graphic processing tersebut, namun faktanya GPU AMD dan NVIDIA benar-benar mengalami penurunan.

Tanda Pasokan GPU Sudah Mulai Aman?

Berdasarkan pengamatan penulis, penurunan taksiran GPU berbasis AMD dan NVIDIA sudah mulai turun per awal tahun baru. Meski penurunan tersebut cukup lambat, namun hal ini memastikan bahwa harga GPU kini sudah benar-benar turun.

Imbas dari melempemnya nilai cryptocurrency langsung berimbas pada harga GPU yang berada di pasaran, meski membutuhkan waktu yang tidaklah sebentar. Berdasarkan tom’sHardware, setidaknya terdapat penurunan harga atau taksiran sebesar 11% pada situs e-commerce sekelas eBay bahkan sebelum turunnya nilai crypto.

Berbicara sebesar apa penurunan taksiran harga GPU AMD dan NVIDIA tersebut, tom’sHardware berikan informasi secara terperinci, dalam bentuk tabel:

Dari tabel di atas, tampak penurunan yang termasuk cukup berasa. Setidaknya, penurunan harga sebesar 10% pada GPU sekelas RTX 3090, RTX 3080, dan RX 6600 yang baru-baru ini terlaksana.

GPU dari kubu merah, RX 6600 merupakan satu-satunya GPU yang mendapat “diskon” yang cukup berasa, yaitu 12%. Bila dulu dibanderol sekitar 8 Jutaan, kini GPU tersebut hanya dibanderol 7 Jutaan, tidaklah besar, namun cukup ‘berasa’.

Selain deretan kartu grafis kelas high-end di atas, RX 6500 XT ternyata berhasil mengamankan posisinya sebagai GPU termurah saat ini. Dibanderol mulai dari 3 Jutaan, sayangnya kemampuannya yang memble dan fitur serba terbatas membutuhkan banyak sekali pertimbangan. Ingat, GPU tidak hanya untuk kebutuhan gaming semata.

Terbebas dari data-data di atas, tampaknya benar adanya bahwa taksiran harga GPU yang turun ini menandakan pasokan GPU sudah mulai aman. Sebagai konsumen, tentu tak ada salahnya berharap, namun alangkah indahnya untuk tak berekspektasi lebih, bukan brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version