Takut Dituntut Nintendo, Website ROM Populer – Emuparadise Matikan Semua ROM Nintendo di Website

EmuParadise Nintendo ROMS Emulators 1170x658

Bermain game berbayar secara gratis tetaplah ilegal, namun ketika gamer kesulitan untuk temukan akses bermain game-game klasik dari Nintendo, emulator menjadi solusi termudah. Emuparadise, salah satu website terpopuler dalam memberikan gamer ROM dari game-game retro Nintendo mulai hari ini memutuskan untuk berhenti distribusi ROM gratis setelah Nintendo dikabarkan tengah bantai website-website semacam mereka secara hukum.

MasJ, founder dari website yang telah berumur 18 tahun ini, ungkapkan jika memberikan pecinta game retro akses untuk bernostalgia dengan game favorit mereka telah menjadi visi mereka selama hampir 2 dekade terakhir, hanya saja mereka tak ingin mengambil resiko harus melawan Nintendo secara hukum. MasJ tidak ingin pusingkan timnya untuk konsekuensi berat ini dan memutuskan untuk mematikan semua data ROM yang ada di website mereka. Emuparadise masih akan hidup untuk kedepannya, hanya saja website tersebut akan sepenuhnya fokus akan komunitas emulator dan gamer takkan bisa mendownload game apapun pada website ini.

“Tidak setimpal untuk kami resikokan konsekuensi berat ini. Saya tidak mampu meresikokan masa depan dari anggota tim saya yang telah berkontribusi pada website ini selama bertahun-tahun. Kami jalankan Emuparadise karena rasa cinta kami terhadap game retro dan untuk kalian yang ingin mengujungi kembali game-game favorit kalian. Sayangnya, saat ini mustahil untuk memuaskan semua orang tanpa terlibat masalah apapun.”

Nintendo dalam beberapa bulan terakhir telah melakukan killing spree kepada website-website ROM populer lainnya seperti LoveROMS dan LoveRetro. Kedua website tersebut telah terkena tuntutan sebesar $100 juta atas pelanggaran legal. MasJ tidak ingin menjadi target selanjutnya dari Nintendo, dan keputusan ini juga diragukan dapat membuat mereka bebas dari ancaman hukum tersebut.

Dengan website-website dari game-game retro Nintendo mula satu persatu mati, kini tinggal menunggu bagaimana Nintendo dapat memuaskan nafsu para gamer yang ingin kunjungi kembali game yang mereka mainkan saat masa kecil. Dengan layanan Virtual Console tidak dihadirkan di Nintendo Switch, Nintendo harus memberikan pecinta game retro semacam layanan yang dapat mempermudah mereka bernostalgia secara legal.

Untuk mengenali lebih detil legalitas dari emulator, bisa kamu baca selengkapnya disini.

Source: Emuparadise (via Kotaku)

Exit mobile version