Tales of Phi, Game Mobile RPG Unik dengan Bumbu Matematika

Tales Of Phi

Tales Of Phi

Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) menggelar acara game lokal yaitu Game Prime 2021. Acara ini menghadirkan berbagai macam game menarik dari para pengembang game Tanah Air. Di antara game-game yang dipamerkan, ada satu judul game mobile menarik, yaitu Tales of Phi.

Tales of Phi adalah game mobile lokal untuk platform Android dan iOS buatan studio game Seraph Game Studio. Yang membuat game ini menarik adalah kemampuan menggabungkan dua hal yang berseberangan bagi masyarakat pada umumnya, yaitu belajar dan bermain.

Tales of Phi, Game Mobile RPG Unik dengan Bumbu Matematika 5

Matematika yang jadi subjek utama dengan apik digabungkan ke dalam interaksi yang menyenangkan pada video game mobile dengan genre Turn-based Role Playing Game (RPG). Tales of Phi menjadi salah satu cara belajar matematika melalui game yang berlatar dunia fantasi yang bernama Mathland dan dipenuhi monster.

William Putra Sera, Chief Executive Officer dan Founder Seraph Game Studio mengatakan, “Menjadi kebanggan tersendiri bagi kami untuk bisa ikut memeriahkan ajang Game Prime 2021. Melalui game Tales of Phi, kami ingin memberikan game yang tidak hanya menghibur, tapi juga sekaligus menjadi sarana para gamer untuk belajar matematika yang mungkin selama ini menjadi mata pelajaran paling tidak disukai. Sama seperti bisnis, hal yang unik dan tidak banyak digunakan di kompetitor lainnya pasti mempunyai marketnya sendiri, begitu juga dengan Tales of Phi, di mana kami berharap dapat diterima dengan baik oleh masyarkat Indonesia.”


“Sama seperti bisnis, hal yang unik dan tidak banyak digunakan di kompetitor lainnya pasti mempunyai marketnya sendiri ” tambah Michael julianto, Komisaris utama Seraph Game Studio.

Cara inovatif untuk melatih kemampuan berhitung

Tales of Phi, Game Mobile RPG Unik dengan Bumbu Matematika 6

Tales of Phi berlatar di dunia fantasi Mathland, sebuah dunia yang ditinggali oleh lebih dari 150 monster dengan desain yang unik dan kemampuan berhitung yang dapat menguji para pemain game ini. Math Guardian adalah monster yang memiliki klasifikasi yang dimulai dari D (common), C (uncommon), B (rare), A (super rare), dan S (ultra rare). Pemain akan berpetualang dan menghadapi serangkaian level untuk mengontrol monster-monster Math Guardian yang ada di dunia Mathland sepanjang petualangan.

Setiap monster Math Guardian yang ditemui memiliki kemampuan matematika yang berbeda, mulai dari plus atau penjumlahan, minus atau pengurangan, multiply atau perkalian, dan divide atau pembagian. Semakin jauh perjalanan cerita dan level, tingkat kesulitan matematika untuk mengontrol monster Math Guardian pun akan semakin sulit yang tentunya akan menguji pemain menjadi lebih pintar berhitung.

Karakter, monster, dan Dunia yang apik dijelajahi

Tales of Phi, Game Mobile RPG Unik dengan Bumbu Matematika 7

Tales of Phi bercerita pada 10 tahun setelah pertempuran besar antara Nemesis dan 5 naga legendaris yang berhasil memenangkan pertempuran dan mengembalikan kedamaian di Mathland. Kejadian besar inilah yang membuat penduduk Mathland mendirikan Math Academy untuk melatih murid menjadi berpengetahuan dan mampu mengendalikan monster Math Guardian.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Di Math Academy, ada 4 karakter yang menjadi fokus utama dalam game Tales of Phi, yaitu Phi, Beth, Professor Integral, dan Vector. Phi adalah tokoh yang akan dimainkan pemain pada game ini. Phi merupakan karakter yang memiliki potensi kemampuan yang besar, akan tetapi terhambat oleh kemalasannya dan berpetualang dengan salah satu naga legendaris yang mengalahkan Nemesis di pertempuran besar Mathland 10 tahun lalu. Naga tersebut bernama Binary Emperon.

Selain Binary Emperon, ada beberapa naga legendaris lain yang akan ditemui sepanjang perjalanan cerita, tentunya dengan menguji kemampuan berhitung pemain dengan tingkat kesulitan yang bertambah dari waktu ke waktu.

Mekanisme dan fitur permainan

Tales of Phi, Game Mobile RPG Unik dengan Bumbu Matematika 8

Elemen permainan pada Tales of Phi mengadaptasi sistem pertarungan RPG, yang dilengkapi dengan indikator HP (Health Point), SP (Special Point), TIME (batas waktu tempur), ATK (Attack Damage), dan tipe perhitungan seperti pernambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang berpengaruh ketika menyerang.

Mekanisme pertempuran pada game ini adalah turn-based, di mana pemain akan berhadapan dengan monster secara 1 vs 1. Monster yang dimiliki pemain akan mengeluarkan serangan setelah pemain berhasil menjawab pertanyaan matematika dengan benar.

Dalam menjelajahi level, pemain akan dibantu dengan indikator yang ada pada peta. Pemain juga bisa mengunjungi fitur Shop untuk belanja beragam power-up menggunakan gold atau gem. Ensiklopedia monster bisa dilengkapi oleh pemain dengan imbalan gem, dengan cara mengoleksi monster Math Guardian sebanyak-banyaknya.

Saat ini, studio game Seraph sudah merencanakan 3 Season yang akan menambah pengalaman bermain, kompleksitas karakter, dan soal-soal matematika yang lebih beragam, menantang, dan juga tetap menarik untuk diselesaikan. Tales of Phi adalah game mobile yang menawarkan alternatif menyenangkan untuk melatih kemampuan berhitung untuk siapa saja, dengan tingkat kesulitan bertahap sebagai proses belajar yang alami.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version