Tanpa Bantuan GPU, AMD Ryzen Threadripper 3990X Bisa Jalankan Crysis!


Perkembangan teknologi khususnya di dunia komputer begitu pesat. Bahkan baru-baru ini produsen prosesor yang khas dengan warna merahnya baru saja meluncurkan prosesor kelas tinggi untuk kalangan profesional dengan performa yang begitu tangguh.

Sudah tahu apa prosesornya ? benar sekali Ryzen Threadripper 3990X dengan konfigurasi 64-core dan 128-thread. Sudah bisa dibayangkan bagaimana kecepatannya dibandingkan dengan PC kentangmu ? termasuk mimin juga si xD. Prosesor untuk kalangan profesional yang bekerja di bidang perfilman khususnya untuk pekerjaan yang membutuhkan komputasi tinggi seperti rendering dan CGI ini memperlihatkan performa yang begitu luar biasa. Terlepas dari semua itu, apakah prosesor setangguh Threadripper 3990X bisa dengan mudah menjalankan game berat ?

Diatas kertas jika melihat spesifikasi lengkap diatas sepertinya pekerjaan mudah untuk menjalankan game, bahkan untuk game esports hingga AAA Threadripper 3990X ini akan mudah melibasnya. Kali ini sedikit berbeda, dilansir dari PCGamesn, channel YouTube Linux Tech Tips mencoba “menyiksa” CPU gahar ini dengan menjalankan game yang sudah berusia cukup lama dan terkenal berat pada saat itu tanpa menggunakan VGA diskrit/eksternal. Sedikit catatan Threadripper 3990X ini tidak memiliki dediated GPU alias masih membutuhkan graphic card/VGA sebagai output ke monitor. Meskipun begitu tes tersebut murni berjalan dengan CPU saja dengan memanfaatkan komputasi secara software bukan physical yang biasa dijalankan oleh graphic card. Menurut Linus Tech Tips, GPU-nya hanya bekerja untuk media decode.


Dalam percobaannya tersebut memang Crysis tidak berjalan begitu mulus, namun hal tersebut menunjukkan bahwa Threadripper 3990X benar-benar dapat menjalankan game tersebut tanpa GPU tambahan. Bahkan Linus Tech Tips menambahkan bahwa percobaan tersebut berjalan lebih mulus dari sebelumnya. Bayangkan saja game dengan Cry Engine yang terkenal berat hanya dengan CPU saja. Sekali lagi perlu digaris bawahi, Threadripper 3990X merupakan CPU high-end yang tidak menggunakan dedicated GPU atau APU sekalipun.

Gimana perasaan kalian brott ? semakin kentang bukan PC kita jika melihat prosesor gahar ini xD. Harga dari CPU ini kurang lebih mencapai angka lebih dari Rp 50 juta loh, jadi kamu mau merogoh kocek sebanyak itu demi main Crysis tanpa GPU brott ?

 

Sumber: PCGamesn


Mau baca artikel seputar teknologi hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy