Tanpa Emulator, Fans Buat Langsung Port PC dari Zelda: Ocarina of Time

C7gef3xnhmxkuepd8e5qfu

Meski dengan betapa agresifnya Nintendo dalam mematikan proyek buatan fans, komunitas pecinta Nintendo terus aktif melakukan proyek mereka memakai IP dari perusahaan Jepang tersebut. Setelah berhasil membuat port PC dari Super Mario 64 karena berhasil dapatkan source code dari game, fans kini mencoba melakukan reverse engineering dan membuat port PC serupa tetapi pada game The Legend of Zelda: Ocarina of Time.

Proyek dimulai sejak November 2021 lalu dan pada hari ini mereka telah perlihatkan progres terkini dimana game tahun 1996 tersebut dijalankan di PC tanpa bantuan emulator sama sekali.

Mungkin banyak bertanya apa bedanya bermain versi port PC tidak resmi ini dibandingkan memainkannya langsung via emulator? Dengan game telah berhasil dibuat bermain langsung dengan hardware PC tanpa emulasi, banyak potensi yang dapat dicapai mulai dari dukungan widescreen, upscaling, framerate dan modding yang lebih baik. Seperti yang kita tahu, The Legend of Zelda: Ocarina of Time hanya berjalan pada resolusi rendah dengan framerate hanya sekitar 20FPS. Memang masalah tersebut dapat diatasi dengan mod, tetapi hasil terkadang masih belum sempurna. Dengan port PC ini, masalah tersebut dapat diatasi tanpa mengubah file apapun.

https://youtu.be/NAIliPBbgg0

Melihat Nintendo seperti yang kita tahu sangatlah sensitif dengan proyek seperti ini bahkan dengan game telah berusia 3 dekade lebih, sang developer Zel dan Vertigo akan merilis proyek ini dengan hati-hati dalam arti ia tak dirilis bebas begitu saja untuk diunduh. Memang tak begitu kompleks, tetapi bagi mereka yang tertarik untuk bermain ini akan perlu menggali sedikit akan dimana sumber unduh yang diberikan oleh developer.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Port PC dari Super Mario 64 juga telah dirilis dengan cara serupa yaitu dengan “diam-diam”. Gamer perlu menggali sedikit ke forum-forum dan bahkan mencapai titik dimana harus meminta langsung link dari developer atau moderator yang dipercayai. Semua ini agar untuk menghindari file langsung dimatikan oleh Nintendo.

Tanpa memberikan langsung link unduh, bagi kamu yang tertarik bermain game klasik Zelda ini di PC tanpa emulator, kamu bisa mengecek deskripsi dari video di atas. Versi sementara disebut sudah 90% jadi dan kemungkinan siap rilis pada bulan April mendatang.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version