Tanpa Gunakan Internet Explorer Kamu Tetap Berpotensi Kecolongan Data

in ,

Kita semua sudah pasti mengenal Search Engine bawaan Windows yang selalu ‘ada’ tapi seolah ‘tak pernah ada’ bukan? Internet Explorer? apa itu? banyak orang sudah sangat paham betul begitu kurang dipakainya aplikasi yang dibuat untuk membantu pengguna Windows untuk berselancar di dunia maya. Alasanya? sudah tidak usah kami jelaskan pun kalian pasti sudah tahu jawabanya ya kan brott, faktor keamanan dan kenyamanan berselancar di dunia maya menjadi suatu tolak ukur penting yang membuat Internet Explorer tidak pernah bisa menggeser Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Peneliti keamanan John Page telah menemukan penyalah gunaan dan pencurian data pada file MHT (format arsip web IE) yang dapat digunakan peretas (Hacker) untuk memata-matai pengguna Windows dan mencuri data lokal mereka jika pengguna menggunakan Internet Explorer. Ketika Windows kamu membuka file MHT menggunakan IE (Internet Explorer) secara default, Parahnya lagi, Kamu bahkan tidak perlu membuka browser IE untuk mencari masalah yang ada,  saat kamu menggunakan IE sebagai Default Browser, cukup menerima pesan Email atau Obrolan Chat Facebook saja misalnya, maka datamu akan dengan mudah dicuri oleh sang pelaku, sangat bahaya bukan?

Kerentanan terkait mencakup Windows 7, Windows 10 dan Windows Server 2012 R2.

Sangat menjadi suatu kekhawatiran, mengingat sudah sangat lama Internet Explorer berada didunia, tetapi nampaknya Windows dan Microsoft tidak memberikan suatu hal pasti terkait keamanan yang dijaga lewat browser bawaanya tersebut. Biarpun kedepanya mereka menjanjikan Internet Explorer dengan keamanan dan kenyamanan terbaru nampaknya belum menjadi suatu hal yang berarti jika Update atau pembaruan untuk menangani persoalan untuk saat ini belum ditanggapi, ibaratnya masih banyak data yang akan dicuri sampai nanti rilis Update terbaru dari Internet Explorer jika untuk menangani keamanan saat ini tidak dilakukan, setidaknya harusnya Microsoft merilis suatu pencegahan berupa ‘Update Sementara’ demi keamanan dan kenyamanan pengguna.


Source: Engadget


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: [email protected]