Aktif Tanpa Izin, Fan Server SMT IMAGINE Dituntut oleh Atlus!

Smt Imagine

Atlus baru baru ini menuntut 2 grup yang berkaitan dengan fan server untuk game RPG Shin Megami Tensei: IMAGINE. Fan server ini melanggar hak cipta dengan menghidupkan server yang telah ditutup tanpa izin.

Selain tanpa izin, server ini mengambil keuntungan dengan mengoperasikan Fan Server SMT IMAGINE. Informasi penuntutan fan server ini dilaporkan oleh akun twitter @MarshSMT dengan memberikan gambar bukti penuntutan tersebut.

Awal mula penuntutan SMT IMAGINE

Awalnya Atlus menggugat pada bulan Desember 2021. Tuntutan ini dilayangkan kepada 2 pihak dengan nama Rekuiemu dan COMP_hack. Kedua pihak ini merupakan pemilik situs fan server SMT IMAGINE pada bulan Agustus dan September 2022.

Komplain ini dilayangkan karena kedua pihak tersebut telah melanggar undang – undang hak cipta Amerika Serikat dengan membuat dan mengoperasikan “Exact Copy” dari versi original SMT IMAGINE, mendistribusikan game secara gratis, serta mengoperasikan private server tanpa izin ATLUS.

Aktif Tanpa Izin, Fan Server SMT IMAGINE Dituntut oleh Atlus! 4

Selain itu, situs Rekuiemu: IMAGINE yang merupakan private server dari game ini menambahkan informasi hak cipta palsu. Situs tersebut menambahkan “Copyright (C) REKUIEMU” bersama nama Atlus, Sega, dan Developer Cave.

Oleh karena itu, fan server ini dianggap telah menyebabkan dan akan terus menambah kerusakan terhadap perusahaan. Atlus sendiri menginginkan pemilik server tersebut untuk menutup server, situs, github, serta membayar biaya ganti rugi terhadap pelanggaran hak cipta.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Aktif Tanpa Izin, Fan Server SMT IMAGINE Dituntut oleh Atlus! 5

COMP_hack dianggap menfasilitasi pembuatan private server SMT IMAGINE, dan juga mengambil untung dari pelanggaran hak cipta tersebut. Tuntutan ini menulis nama “John Doe” yang artinya identitas asli dari pihak yang dituntut masih tidak diketahui.

Private server SMT IMAGINE lain yaitu ReImagine tidak terlihat pada tuntutan tersebut. Meskipun begitu, situs server tersebut sudah di takedown dan tidak beroperasi lagi.

Sekilas tentang SMT IMAGINE

Aktif Tanpa Izin, Fan Server SMT IMAGINE Dituntut oleh Atlus! 6

Shin megami Tensei Imagine, atau nama lainnya Megami Tensei Online: Imagine merupakan game MMORPG yang rilis pada tahun 2007 di Jepang. 2 Tahun kemudian game ini rilis di US tepatnya pada tahun 2009.

Game ini memiliki sistem real time combat. Meskipun game ini populer di Jepang, server US tutup pada tahun 2014. Kemudian pada tahun 2016 server Jepang ikut tutup dan SMT IMAGINE resmi tidak beroperasi lagi.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version