Team Ninja Konfirmasikan NiOh Complete Edition PC Tak Gunakan Denuvo


Denuvo takkan disematkan di game ini.

Denuvo merupakan software yang dibuat untuk melindungi penjualan game PC agar tidak dibajak setidaknya beberapa minggu atau bulan setelah gamenya dirilis. Namun dengan banyaknya kasus terbobolnya game hasil proteksi Denuvo yang hanya berjarak 1-3 hari akhir-akhir ini sepertinya membuat banyak developer atau publisher enggan menggunakan software anti-tamper tersebut. Beberapa publisher bahkan telah mencabutnya, salah satunya adalah Square-Enix yang mencabut Denuvo dariĀ Life is Strange: Before the Storm beberapa hari yang lalu.

Tidak hanya masalah pembajakan, namun beberapa masalah performa dan masalah yang begitu membatasi konsumen juga terkadang membuat beberapa developer maupun publisher enggan menggunakan atau mencabut Denuvo dari gamenya. Sebut saja developer Project CARS 2, Slightly Mad Studios yang memutuskan tidak menggunakan Denuvo di versi PC gamenya karena dinilai terlalu membatasi fans mereka. Hal ini juga dilakukan oleh Team Ninja dan Koei Tecmo yang sepertinya akan mengikuti jejak Slightly Mad Studios tersebut.



Melalui wawancaranya dengan wccftech, Team Ninja dan Koei Tecmo mengatakan bahwa game timed-exclusive PS4, NiOh: Complete Edition yang segera hadir di PC via Steam 7 November mendatang tidak akan gunakan Denuvo. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Sutradara NiOh, Fumihiko Yasuda yang menyatakan bahwa mereka tidak akan gunakan software kontroversial tersebut. Yasuda juga mengatakan bahwa versi PC-nya tidak akan mengunci setting grafik gamenya. Menurutnya, setting grafik movie dan action adalah preset grafik yang telah disediakan oleh Team Ninja untuk game ini, dan kamu masih bisa mengubahnya sesuka hati.

Dengan tidak adanya Denuvo di NiOh: Complete Edition, tentunya bukan lagi jadi alasan Team Ninja untuk tidak bisa menghadirkan game yang teroptimalisasi dengan baik di versi PC-nya seperti beberapa kasus Denuvo sebelumnya. Kita tunggu saja!