Teknologi PCIe 6.0 Sudah Mulai Dikembangkan

Teknologi Pcie 6

Rasanya, tak butuh waktu lama bagi para pemain di dunia komputer untuk dapat mengembangkan teknologi yang benar-benar baru. Belum lama ini, kehadiran PCIe 4.0 yang merupakan lompatan dari PCIe 3.0 sudah harus rela direbut eksistensinya berkat lahirnya PCIe 5.0. Di awal tahun ini, teknologi PCIe 6.0 sudah mulai dikembangkan. Ada apa gerangan?

Tawarkan Kecepatan Dua Kali Lipat

Sebuah organisasi non-profit bernama Peripheral Component Interconnect Special Interest Group (PCI-SIG), memamerkan teknologi PCIe 6.0 yang benar-benar baru. PCI-SIG katakan bahwa implementasi teknologi baru ini, mampu tawarkan kecepatan dua kali lipat dari PCIe 5.0.

Berdasarkan PCI-SIG, berikut adalah spesifikasi yang ditawarkan oleh teknologi baru ini:

Demi memperkuat bukti bahwa kehadiran PCIe 6.0 benar-benar membawa perubahan, tak lupa PCI-SIG untuk sertakan hasil benchmark. Semua data tersebut mereka upload ke kanal Youtube milik mereka.

Melihat data benchmark yang diberikan, tampak bahwa teknologi baru ini benar-benar tawarkan kecepatan dua kali lipat. Terlihat pula efisiensi daya yang lebih mampu dieksekusi oleh PCIe 6.0 ini ketimbang generasi pendahulunya, berikut besaran bandwidth yang ditawarkan.

Selain itu, aplikasi teknologi ini tak hanya menguntungkan gamers dan content creator semata. Di antaranya data center, komputasi berbasis artificial intelligence, otomotif, dan masih banyak pihak yang mendapat benefit dari kehadiran PCIe 6.0.

PCI-SIG melampirkan data yang katakan bahwa kekuatan dari input dan output bandwidth bertambah setiap beberapa tahun. Ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi satu ini benar-benar membawa perkembangan dan benefit yang nyata.

Kita hanya bisa berharap bahwa implementasi teknologi ini benar-benar mampu terwujud dan dapat dinikmati oleh siapapun.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version