Teknologi Quantum Computer Siap Gusur Supercomputer Awal Tahun 2022

in ,
Awal tahun 2022 sepertinya akan menjadi pergantian teknologi terbesar dalam sejarah komputer.

Tak hanya untuk memainkan video game, komputer merupakan perangkat yang sering digunakan oleh banyak orang untuk membuat apapun. Mulai software, video game, hingga memantau satelit di luar angkasa. Seperti yang telah kita ketahui, komputer tercepat saat ini yang disebut “Supercomputer” umumnya digunakan untuk mengerjakan tugas berat seperti mengkalkulasi simulasi nuklir yang tak bisa dilakukan komputer rumahan atau PC. Namun kiprahnya selama 59 tahun sepertinya akan segera tergantikan oleh Quantum Computer yang lebih cepat lagi.

Dilansir DigiTimes (via PCGamesN), Director of Research dari IBM, Norishige Morimoto mengatakan bahwa mereka akan hadirkan Quantum Computer komersial yang mampu kalahkan teknologi Supercomputer masa kini dalam tiga atau lima tahun ke depan. Ia menambahkan bahwa Quantum Computer akan mampu kerahkan kekuatannya melebihi Supercomputer tercepat saat ini.



IBM tak sendirian untuk mengejar ambisinya. Tiga raksasa perusahaan teknologi Microsoft, Intel, dan Google juga tengah menginvestasikan risetnya untuk teknologi yang lebih baik dari komputasi klasik yang ada di dunia saat ini. Google sendiri percaya bahwa “quantum solution” (menggunakan teknologi quantum computer) akan tersedia secara komersial dalam waktu dekat dengan kesuksesan jangka pendek tiga tahun ke depan.

Namun dengan tingginya teknologi, maka akan terdapat konsekuensi yang harus diterima. Salah satunya adalah lingkungan yang lebih ekstrim.

Hingga saat ini, IBM telah bertahun-tahun mengejar impian mereka untuk mewujudkan komputasi quantum menjadi nyata. Produk Quantum Computer komersial mereka IBM Q System One memang berhasil dirilis, namun masih belum mencukupi untuk mengejar Supercomputer tercepat saat ini. Morimoto berjanji akan segera mengumumkan teknologi yang lebih baik beberapa tahun ke depan.

Baca lebih lanjut tentang teknologi agar kamu tetap kekinian dan tahu teknologi apa saja yang saat ini tengah dikembangkan untuk umat manusia.

contact: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Hailing from East Java, Indonesia. Akbar plays almost all video game genres except horror games, but still trying to play it. A simple man who specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]