7 Teknologi Smartphone yang Sudah Punah di Tahun 2024

Teknologi Smartphone

Belakangan ini, inovasi smartphone sepertinya sudah mencapai titik jenuh. Mengapa begitu? Lihat saja perkembangan smartphone dari tahun ke tahun hanya sekadar menaikkan spesifikasi komputasi, layar yang sedikit lebih cerah dibanding tahun lalu, dan storage yang bertambah luas.

Inovasi yang benar-benar mendobrak kini sudah tidak lagi terlihat. Brand smartphone sepertinya sudah mulai kehabisan akal dalam menyajikan hal baru di papan persegi panjang ini. Hal tersebut sebenarnya wajar-wajar saja. Penyebabnya ada beberapa, produk smartphone sendiri sudah sangat matang dan tidak memungkinkan adanya lagi perubahan ataupun inovasi yang radikal.

Alasan lainnya adalah para manufaktur juga merasa takut dengan terlalu berbeda akan membuat smartphone tersebut tidak laku dipasaran. Kalau kalian ingat, beberapa kali para produsen smartphone pernah mencoba hal baru di smartphone mereka dan berujung gagal total.

Teknologi Smartphone yang Sudah Punah Saat Ini

Apa saja teknologi yang telah punah?

Kalau kalian masih terlalu muda atau tidak ingat ada teknologi gagal di smartphone, berikut adalah beberapa teknologi yang sudah punah di tahun 2024. Apa saja? Mari langsung kita bahas.

1. Kamera Pop Up

Kamera nongol

Sempat tren beberapa tahun lalu, ternyata smartphone dengan kamera pop up tidak lagi bisa ditemukan di tahun 2024. Memang, dengan teknologi ini bisa membuat smartphone tidak memiliki cutout kamera yang mengganggu. Hanya saja, fitur ini malah akan menambah 1 titik kelemahan smartphone yaitu komponen motor itu sendiri. Kalau rusak, biaya perbaikannya tentu tidak tanggung-tanggung. Karena itulah, brand sudah mulai move on dari teknologi ini dan tetap gunakan kamera dengan cutout bulat.

2. Desain Smartphone Modular

HP copot pasang

Dirancang oleh Google dalam Project Ara, ternyata fitur yang membolehkan smartphone dibongkar pasang komponennya sesuka hati ini tidak pernah sampai ke tangan konsumen. LG sebelumnya juga pernah melakukan langkah yang mirip namun ternyata juga berakhir gagal.

3. Layar Berputar

Layar unik

Masih ingat dengan ponsel Nokia jadul yang bisa berputar layarnya dari vertikal ke horizontal? LG pernah melakukannya dengan smartphone LG Wing loh. Tapi, jangankan tetap berlanjut dan rilis model baru, divisi smartphone LG sendiri juga sudah tutup.

4. Windows Mobile

OS yang telah lama punah

Kalian yang belum cukup tua mungkin tidak mengenal OS selain Android dan iOS sebagai sistem operasi smartphone. Padahal dulu ada pemain ketiga yang mencoba bersaing namun gagal total. Ya, Microsoft pernah membuat Windows versi mobile berkat kerjasama mereka dengan brand Nokia. Smartphone yang mereka rilis yaitu Lumia series ini gunakan Windows Mobile lalu berujung gagal dan punah. Alasannya karena tidak banyak developer yang mau membuat aplikasi untuk OS tersebut dan memilih Android serta iOS yang lebih populer.

5. Smartphone Handheld

Bisa main game handheld Sony

Kalau kalian pernah punya handheld PlayStation seperti PSP dan PSVita, mungkin kalian juga pernah mendengar kalau Sony juga pernah merilis smartphone dengan full control seperti PSP GO. Smartphone Android bernama Sony Ericsson Xperia Play ini gagal dan Sony tidak mau lagi merilis model berikutnya. Alasannya karena tidak semua game Android mendukung control ala PS dan library game PSP yang dijanjikan juga sedikit jumlahnya.

6. Keyboard Qwerty

Keyboard fisik

Walau keyboard Qwerty masih ramai digunakan di PC, hal yang sama tidak berlaku di smartphone. Setelah Blackberry tidak lagi merilis smartphone mereka, menjadi pertanda kalau semua pemain smartphone sudah merilis layar full touchscreen. Jadi, kalian tidak akan bisa menemukan smartphone yang masih gunakan keyboard fisik Qwerty.

7. Layar Sekeliling

Layar penuh

Layar curved sampai sisi layaknya Samsung Galaxy sepertinya masih belum puas bagi Xiaomi. Beberapa tahun lalu mereka merilis Xiaomi Mi Mix Alpha yang punya layar mengelilingi body sampai ke bagian belakang. Sekilas memang terlihat cakep dan unik. Tapi, alasan mengapa Xiaomi tidak lagi merilis model smartphone seperti itu sebenarnya sangat jelas. Harga produksi yang lebih mahal serta menambah satu poin kerentanan akan rusaknya layar AMOLED menjadi alasan mengapa tidak banyak yang tertarik dengan desain smartphone seperti itu.

Jadi itulah beberapa teknologi smartphone yang sudah punah saat ini. Apakah kalian ingat atau bahkan pernah memiliki beberapa smartphone dengan teknologi di atas? Coba berikan pendapat kalian soal ini ya.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version