7 Teknologi yang Ketinggalan Zaman Sejak Adanya Smartphone

Teknologi Yang Ketinggalan Zaman

Teknologi yang ketinggalan zaman karena smartphone – Perkembangan teknologi seluler alami peningkatan yang sangat pesat ketika memasuki abad ke-21. Dari HP batu bata yang kita kenal dari tahun 90an dan berkembang menjadi ponsel pintar berlayar sentuh dengan komputasi serba ngebut sepuluh tahun kemudian. Tiada yang bisa memprediksi kalau 20 tahun kemudian sejak tahun 2000, para manusia modern akan berselancar lebih dari 4-5 jam sehari hanya untuk berinteraksi di ‘media sosial’. 

Kini dengan smartphone yang serba bisa, juga berhasil membuat berbagai teknologi yang sempat tren beberapa tahun lalu menjadi ketinggalan zaman. Pasalnya, alih-alih membutuhkan perangkat khusus, kini semua fitur benda tersebut sudah diintegrasikan dalam ponsel pintar yang bisa masuk saku celana.

Teknologi yang Ketinggalan Zaman Sejak Hadirnya Smartphone

Masih ingat dengan alat ini?

Kira-kira, apa saja benda yang sudah tidak lagi perlu objek terpisah karena terlalu ketinggalan zaman? Berikut adalah 7 diantaranya yang kepikiran:

1. MP3 Player

Pemutar musik alias MP3

Untuk kalian yang tidak audiophile, mungkin kalian tidak lagi membutuhkan pemutar musik terpisah. Karena sejatinya, smartphone kalian sudah sangat bisa menggantikan peran alat tersebut dan bekerja dengan sangat baik pula. Bahkan era sekarang ini, lagu tidak lagi tersimpan dalam perangkat dan diakses dengan cloud streaming seperti Apple Music, Spotify, Tidal, YouTube Music, dan sejenisnya.

2. Radio FM

Zaman kakek saya

Siapa yang masih mendengar siaran radio lokal? Kalau iya mungkin kalian melakukannya lewat dasbor mobil atau lewat smartphone. Kalian tidak perlu lagi membeli alat bernama Radio FM karena smartphone sudah mendukung semua itu, ditambah ada juga siaran radio lewat internet dan kalian bisa mendengar radio negara manapun.

3. Jam Weker

Sekalinya lupa nyalakan jadi kebablasan tidurnya

Siapa yang masih punya jam weker di rumah? Tidak ada? Sama, penulis juga tidak membutuhkan jam weker. Alasannya karena alarm smartphone sudah cukup nyaring untuk bikin bangun di pagi hari. Bahkan peran smartphone belakangan ini digantikan oleh smartwatch yang lebih praktis. Alarmnya berbentuk getaran jadi tidak mengganggu sekitar, praktis ‘bukan?

4. Kamera Saku

Lebih praktis pakai HP

Smartphone memang serba bisa. Maka dari itu, ia juga bisa digunakan untuk menggantikan kamera saku. Sepertinya sudah hampir tidak ada yang membawa kamera saku kemana-mana kecuali kalau orangnya pecinta kamera film atau mungkin kamera DSLR yang lebih profesional. Diluar itu, cukup jepret dengan kamera HP saja sudah lebih dari cukup, kok.

5. Kalkulator

Di rumah masih ada sih

Kecuali kamu berumur atau punya bisnis warung kelontong, sepertinya kamu tidak membutuhkan kalkulator sungguhan. Karena sebenarnya semua fitur dasar kalkulator sudah ada di smartphone jadi buat apa lagi membeli kalkulator terpisah. Tapi jujur, sensasi pencet tombol fisik memang lebih seru dari menyentuh layar rata. Hanya saja secara fungsi tetap sama juga untuk hitung menghitung.

6. GPS Mobil

Sudah pakai Google Maps

Waktu belum adanya smartphone, sepertinya hampir setiap mobil ada penangkap GPS untuk menunjukkan jalan. Sekarang sejak Google Maps dan Apple Maps populer, rasanya alat satu itu sudah tidak lagi dibutuhkan. Apalagi kalau fungsinya sama bisa berikan petunjuk navigasi arah per arah secara real time.

7. PDA

Sebelum Samsung Note series, ada ini

Sebelum ramai smartphone, orang mengenal PDA. Fungsinya secara garis besar sama seperti apa yang bisa dilakukan smartphone. Membalas email, browsing, menulis catatan, dan berbagai kebutuhan kantoran lainnya. Tapi, smartphone bisa melakukan itu semua ditambah kebutuhan hiburan seperti nonton film dan bermain game. Jadi jelas ya siapa yang lebih sepuh disini.

Nah, itulah beberapa teknologi yang sudah ketinggalan zaman sejak adanya smartphone. Apa smartphone pertama kalian? Coba sharing dikit-dikit ya brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version