Telkomsel, Smartfren dan Tri Akan Jadi Operator Indonesia Pertama Yang Gunakan 5G

Tower Bts

Tiga operator jaringan telepon Indonesia telah ditetapkan sebagai pemenang dalam seleksi penggunaan blok pita frekuensi 2,3 GHz pada rentang 2.360-2390 MHz.

Penetapan itu telah disampaikan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika. Nantinya, pita frekuensi tersebut bisa digunakan untuk menggelar jaringan 5G.

Ketiga operator tersebut adalah, Telkomsel, Smartfren dan Hutchison Tri Indonesia. Untuk ketiganya akan mendapatkan masing-masing satu buah blok. Untuk Blok A akan digunakan oleh Smartfren, Block B digunakan oleh Hutchison Tri serta Blok C akan digunakan oleh Telkomsel.

Setiap operator, nantinya akan mendapatkan alokasi sebesar 10 Mhz. Dalam pelelangan tersebut, pada awal pendaftaran terdapat 5 Operator jaringan yang mengambil dokumen, namun hanya 4 operator yang kemudian mengembalikan berkas.

Keempat operator tersebut ialah, Hutchison Tri Indonesia, Telkomsel, Smartfren dan XL Axiata. Dari ke empat operator tersebut, hanya 3 yang lolos. Ketiga operator selular tersebut menawarkan harga yang sama, yaitu Rp 144,8 Miliar untuk masing-masing blok.

Saat ini, pada pita frekuensi 2,3 GHz telah dihuni oleh Telkomsel sebanyak 30 Mhz, kemudian Smartfren sebesar 30 Mhz serta pada beberapa wilayah telah dipakai oleh PT Berca Hardayaperkasa.

Dengan begitu, dengan adanya penambahan ini, Alokasi penggunaan pita frekuensi 2,3 GHz oleh Telkomsel dan Smartfren naik menjadi 40 Mhz. Sedangkan, Hutchison Tri Indonesia akan mengelola 10 Mhz dan PT Berca Hardayaperkasa di beberapa wilayah.

Berikut rincian wilayah untuk masing-masing blok

a. Blok A, terdiri atas:

b. Blok B, terdiri atas:

c. Blok C, terdiri atas

Sumber : Kompas 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version