Temukan Perangkat Saya [Find My Device]: Sebuah Fitur Penanganan Pertama Saat Smartphone Hilang


Nasib kadang mujur, kadang juga bujur, bujurlah kamu saat Smartphonemu hilang!. Hampir semua aktivitas dimasa sekarang selalu terhubung dengan Smartphone, hingga seolah benda tersebut saat ini bisa dibilang adalah belahan jiwa setiap Individu di Dunia, makanya mungkin di masa depan akan ada Puisi yang bertuliskan Smartphone adalah belahan jiwa, bukan lagi kata romantis yang ditujukan kepada lawan pasangan saat terlibat Asmara hehe.

Namun sebenarnya Google sendiri telah menyiapkan Fitur yang jarang digunakan ini, yaiyalah karena Fitur ini saat digunakan tentu saja pasti berhubungan dengan Nasibmu yang sedang sial bukan kepalang, Fitur apa itu? tentu saja Find My Device (Temukan Perangkat Saya).

Aplikasi ini bisa didapatkan di Google Playstore, biarpun sebenarnya Fitur ini sudah ditanam pada Android secara Default, cuma butuh Gmail yang terkoneksi dengan Smartphone dan Nomor Telepon, maka secara otomatis fitur ini sudah dapat digunakan.


Kegunaan?

Sebenarnya Fitur ini sangat berguna sebagai penanganan pertama saat Smartphone hilang, bisa memang terselip, ketinggalan, hingga sekedar berjalan sendiri keluar kota bersama orang lain atau digondol orang lah begitu, kaya jodohmu hehehe.


Cara Menggunakan?

Disaat kamu sudah menyeting Androidmu pasti sudah secara otomatis dengan Aplikasi satu ini, karena disaat kamu Login dengan Gmail Backup (Gmail Utama untuk Google Playstore), maka dengan otomatis Android akan menganggap bahwa itu adalah Identitas HP kamu, karena tentu tidak mungkin kan Gmail utama kamu berisi data diri orang lain? kecuali memang kamu keblinger dan terbilang Kudet (Gaptek).

Apa yang bisa dilakukan saat mengaktifkan Fitur ini? Inilah langkah-langkahnya

1. Bukalah Find My Device pada PC/Laptop atau Smartphone lain

Tentu saja untuk mengaktifkan Fitur ini Google butuh data diri, dengan Login maka secara langsung kamu memberitahukan Google bahwa kamu membutuhkan bantuanya untuk menemukan HPmu.

2. Masukan Gmail dan Nomor Telepon

Cukup dengan Gmail dan Nomor Telepon Google sudah tahu kok dimana Lokasi HPmu, Asalkan ini adalah Gmail dan Nomor Telepon yang tertanam di HP yang hilang.

3. Ada Opsi tindakan yang bisa diisi sebuah pesan atau menderingkan telepon.

Dalam Opsi ini kamu dapat meninggalkan sebuah pesan untuk HPmu, Contoh: “Balikin HP saya dong bos, Video Cut Tari saya belom ditonton, saya mohon demi kelangsungan hidup saya”, atau menderingkan HP mu seperti suara Alarm, Opsi satu ini bisa dibilang sangat keras sih, seolah memberi tanda bahwa HPmu sedanga digondol orang lain.

4. Tracking Lokasi HPmu

Lokasi HP saya digondol orang lain

Disaat kamu mengaktifkan fitur Trackin, maka kamu akan secara langsung ditampilkan lokasi HPmu sesuai barang itu berada, Contoh saya pribadi pernah merasakan ini secara langung, saat HP saya hilang saya aktifkan fitur ini dan menemukanya jalan-jalan keluar Jawa, sungguh tega, kok saya yang sebagai belahan jiwanya kok tidak diajak jalan-jalan keluar kota hehehe.


Bagaimana Jika SIM Card dicabut?

Tenang, selama masih ada Gmail yang terdapat didalam (Belum di Logout) semua masih bisa di Trackin kok.

Bagaimana Jika Tidak Ada Akses Internet?

Selama masih ada Gmail, tidak butuh akses Internet pun Tracking akan tetap dapat dilakukan, pokoknya jika HPmu aktif biarpun dengan SIMcard baru selama itu menyala dengan Gmailmu berada didalamnya, Google akan tetap dapat memberikan Lokasi HPmu berada, jadi jangan khawatir.

Hal Terpenting

Jadi bisa dibilang Gmail adalah faktor utama dalam menggunakan Fitur ini, jadi usahakan Proteksi HPmu dengan Sidik Jari (Jika ada di Smartphonemu) atau dengan Password dan Pattern Lock Screen yang memadai, agar si Maling tidak mudah membobol Gmailmu.


Semoga bermanfaat, selalulah berhati-hati ya brott!

Sekian dan Sampai jumpa di tulisan-tulisan saya yang lain.

Kontak: abdolefathah@gamebrott.com

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality