Tencent Akuisisi Techland, Developer Game Dying Light

Tencent Akuisisi Techland

Tencent Akuisisi Techland – Didirikan pada 1991 oleh CEO saat ini – Pawel Marchewka, Techland merupakan developer game yang berbasis di Polandia. Techland dikenal karena seri Dying Light, di mana seri game tersebut menjadi fokus mereka dalam satu dekade terakhir.

Sebelum itu, mereka mengumumkan empat game untuk seri Call of Juarez, disamping game pertama Dead Island dan sekuelnya yang berjudul Dead Island Riptide. Nah baru-baru ini, muncul kabar tidak terduga di mana developer tersebut dibeli oleh raksasa game asal Cina.

Tencent Akuisisi Techland, Kini Miliki Sebagian Besar Sahamnya

Techland sudah resmi diakuisisi oleh perusahaan besar dari Cina

Lewat postingan di blog, Techland mengumumkan bahwa sebagian besar sahamnya dibeli oleh Tencent. Marchewka menegaskan bahwa perusahaan yang ia pimpin masih akan memegang kepemilikan penuh atas IP mereka dan masih punya kebebasan kreatif terlepas dari saham mayoritas mereka telah dimiliki oleh perusahaan asal Cina ini.

Developer Techland

Masih sangat awal untuk menilai apa arti pembelian tersebut bagi Techland, namun pernyataan resmi tersebut meyakinkan para penggemar yang mungkin takut jika perusahaan asal Cina akan banyak ikut campur dalam pengembangan game-game Techland kedepannya.

Tahun Lalu, Tencent Sempat Mengakuisisi Developer Lain

Sudah banyak perusahaan telah diakuisisi

Pembelian tersebut menjadi langkah baru bagi perjalanan Tencent dalam membeli lebih banyak developer dan meningkatkan saham mereka di developer atau publisher lain. Tahun lalu, Tencent membuat investasi besar-besar di Ubisoft dan mengakuisisi developer Sackboy: A Big Adventure yaitu Sumo Group sebesar US$1,27 miliar.

Techland sendiri saat ini tengah mengembangkan game fantasi RPG baru dengan judul yang masih belum diumumkan. Berdasarkan informasi yang sempat mereka bagikan, game tersebut akan mengusung dunia terbuka dengan eksplorasi yang luas dan akan sangat berbeda dari Dying Light 2 baik dari sisi tone maupun gameplay.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tencent atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version