Tencent Menangkan Tuntutan Mereka Terhadap CEO Moonton

21e1rd1f

Rabu kemarin, 18 Juli 2018 berita tentang developer game Mobile Legend – Moonton yang kembali berurusan dengan Riot (Atau dalam hal ini adalah induk perusahaannya – Tencent) ramai diberitakan dengan tagline bahwa Riot dan Tencent memenangkan tuntutannya atas plagiarisme yang dilakukan oleh Moonton. Namun, kemudian muncul pro-kontra bahwa pemberitaan tersebut salah karena tuntutan yang sebenarnya bukanlah masalah plagiarisme dari game Mobile Legend namun tuntutan terhadap CEO Moonton – Xu Zhenhua.

 

Pemberitaan Dotesports

Media Dotesports awalanya memberikan pemberitaan bahwa Induk dari Riot – Tencent memenangkan tuntutan mereka terhadap Moonton di Pengadilan China. Yang intinya membenarkan bahwa tuntutan yang sekarang dilayangkan oleh Tencent menuju langsung ke Pengembang Moonton. Pemberitaan ini pun menjadi sumber dari berbagai artikel yang tersebar di dunia maya kemarin.


Pemberitaan Awal Gamebrott

Berdasarkan sumber dari dotesport tadi, Gamebrott juga mengangkat berita tersebut ke dalam Bahasa Indonesia pada kemarin pukul 09:30 WIB. Dengan judul yang juga sedikit salah bahwa tuntutan yang dilayangkan kepada Moonton adalah masalah hak cipta tentang Mobile Legends.


Video Penjelasan Gamebrott

Setelah melakukan riset lebih lanjut terhadap kasus ini akhirnya pihak Gamebrott mendapatkan penjelasan bahwa tuntutan Tencent kali ini bukanlah masalah hak cipta namun masalah “non-disclosure and non-compete lawsuit” yang akhirnya kami jelaskan lebih lanjut lewat pada video berikut yang diunggah pada 19:51 WIB:


Statement GGWP.ID

Media GGWP.ID juga memberikan statement lewat akun Facebook-nya bahwa tuntutan sebenarnya dari Tencent adalah terhadap CEO Moonton – Xu Zhenhua.


Konfirmasi Klarifikasi dari pihak Moonton

Pada pukul 22:00 WIB pihak Moonton mengirimkan email klarifikasi kepada pihak Gamebrott bahwa tidak ada tuntutan yang dilayangkan terhadap pihak Moonton ataupun game Mobile Legends di China saat ini.


Kesimpulan

Pihak Dotesport yang menjadi sumber dari berbagai pemberitaan masalah tuntutan ini juga memberikan klarifikasinya pada pagi hari ini 19 Juli 2018.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa kasus tuntutan yang dilayangkan oleh Tencent kali ini adalah tuntutan masalah “on-disclosure and non-compete lawsuit” dan bukanlah masalah plagiarisme yang dilakukan oleh game milik Moonton, Mobile Legends.

Serta gugatan ini dilayangkan kepada CEO Moonton – Xu Zhenhua secara personal. Dan tidak ada sangkut pautnya dengan Perusahaan Moonton maupun game Mobile Legends.

Exit mobile version