Tencent Resmi Bekerja Sama dengan Salah Satu Rumah Produksi Film Hollywood

in

Resmi buka studio game baru ?

NetEase dan Tencent pada saat ini mungkin seakan telah resmi berperan menjadi “Yin” dan “Yang” di dunia industri video game. Setelah kemarin kita diperhadapkan dengan “tercaploknya” salah satu developer game AAA dibawah tangan NetEase. Kali ini giliran Tencentlah yang mulai menggerakan bidak caturnya dengan resmi menjalin hubungan bilateral dengan salah satu rumah produksi film yang sangat terkenal dalam memproduksi franchise film-film sekaliber Star Wars, Star Trek, Cloverfield, sampai ke Mission Impossible. Siapa lagi kalau bukan Bad Robot Production ?

J.J Abrams, selaku Sutradara ternama dan kepala dari rumah produksi Bad Robot, tentu tak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah dirinya resmi menjalin hubungan kerja sama dengan salah satu korporasi video game terbesar di dunia seperti Tencent. Karena melalui kerja sama tersebut, mimpi lama beliau sebagai seorang gamer akhirnya bisa terwujud setelah melihat dirinya bisa terlibat secara langsung di dalam proses pembuatan video game dengan skala yang lebih besar.

Dari kerja sama Tencent dengan Bad Robot, J.J Abrams jelas akan berencana untuk memproduksi sejumlah seri video game dengan resmi mendirikan sebuah divisi studio game yang beliau namai sebagai Bad Robot Games. Di sana, Abrams telah resmi menunjuk Dave Baronoff sebagai kepala studio lewat pengalamannya yang sempat menciptakan beberapa konten game kecil-kecilan untuk studio Bad Robot di tahun 2006. Lalu ia juga resmi merekrut Tim Keenan sebagai seorang creative director. Bagi yang belum tahu, Tim adalah seseorang yang dikenal akan kesuksesannya dalam membuat game indie berjudul Duskers di tahun 2016 kemarin.

Saya adalah seorang penggemar berat video game, dan sangat begitu tertarik dengan alat-alat yang biasa para pembuat game gunakan beserta dengan dunia yang sudah mereka berhasil jelajahi.

Sekarang, kami sedang benar-benar ingin berkomitmen di dunia ini lewat sebuah pendekatan yang lebih memungkinkan kami untuk berfokus pada hal terbaik yang bisa kami lakukan, sembari berharap agar kami juga bisa menjadi sesosok pihak yang sangat begitu dipercayai oleh sesama rekan pengembang.

– J.J. Abrams

Kehadiran Bad Robot di kancah industri video game sepertinya juga akan memberikan persaingan yang panas bagi para developer-developer yang sering menciptakan game dengan unsur cerita dan pendramaannya yang begitu kuat, seperti Quantic Dreams ataupun Telltale Games. Karena Bad Robot sendiri mengaku bahwa mereka akan berfokus untuk menciptakan sebuah game untuk segala platform, baik di mobile, PC maupun konsol dengan berbagai pendekatan yang bisa membuatmu gregetan, terharu, senang, sedih, dan segala macamnya.

Bagi Tencent sendiri, jelas ini adalah salah satu langkah yang dapat memuluskan jalan mereka untuk bisa terjun secara langsung dan memperluas pengaruhnya dalam perkembangan industri game di negara-negara barat. Kita lihat saja nanti  di bawah dukungan dari perusahaan asal Tiongkok tersebut, akan seperti apakah kiprah dari Bad Robot Games yang kali ini akan muncul sebagai pendatang baru di dunia industri video game ?

 

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]