Tencent Sedang Dekati Nintendo Demi Merilis Game-game Konsol

in
Ilustrasi sumber: Soul of Neko comic strip

Game konsol dengan karakter “Nintendo” ?

Ditengah kencangnya usaha Tencent dalam memproduksi sejumlah game PC dan mobile di pasar asia, mereka pun rupanya juga menyimpan hasrat untuk dapat menyebarluaskan pengaruhnya di penjuru pasar yang lain. Ambisi tersebut nampak sedang ingin Tencent upayakan melalui pemberitaan Wall Street Journal. Menariknya, mereka bahkan sudah menaruh fokus kepada salah satu perusahaan game tertua sekaliber Nintendo sebagai langkah awal.

Kokohnya loyalitas dari sebagian besar gamer-gamer di wilayah Eropa dan Amerika terhadap perkembangan game konsol seolah benar-benar membuat Tencent merasa tergelitik. Ide untuk bisa memproduksi game konsol milik mereka sendiri telah mulai muncul di permukaan. Dan Tencent ingin coba melakukannya lewat bantuan Nintendo.

Menurut pemberitaan Wall Street Journal, salah seorang juru bicara Tencent menyebut bila mereka sedang sangat tertarik untuk meracik suatu game konsol yang dihuni oleh sejumlah karakter-karakter Nintendo di dalamnya. Dari sana, perusahaan raksasa asal Cina ini juga berniat untuk mempelajari gaya yang biasa diadopsi oleh para developer Nintendo dalam menggarap game-game konsol.

Hal yang Tencent ungkapkan tersebut nampak masih tergolong sebagai wacana. Mereka sendiri pastinya tahu jika Nintendo sangat dikenal terlalu overprotektif dalam menjaga keperawanan IP gamenya. Namun, perusahaan game gaek asal Jepang itu tetap dianggap memiliki satu celah yang bisa saja dimanfaatkan oleh pihak Tencent. Terutama melalui hubungan kerja sama antar keduanya dalam membantu pendistribusian konsol dan game-game Switch di wilayah yang memiliki regulasi serba ketat seperti Cina, selaku negara asal Tencent.

Terlepas dari besarnya keinginan mereka dalam merambah pasar game konsol di negeri barat, keberadaan pengaruh Tencent di sana sebenarnya sama sekalu tidaklah minim. Mereka pun sudah lama memiliki suatu genggaman “modal” yang sangat kuat dari porsi saham maupun posisi kepemilikan Tencent terhadap sejumlah perusahaan game-game barat populer sekelas Epic Games, Activision Blizzard, Riot Games, hingga Ubisoft sekalipun.

Apakah menurutmu bentuk kolaborasi Nintendo dan Tencent dalam membuat game konsol berkarakter “Nintendo” ini bisa segera terwujud suatu saat nanti ?

Sumber: Wall Street Journal (via Engadget)


Baca pula informasi lain terkait Tencent, beserta dengan kabar-kabar menari seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]