Tencent Tengah Akuisisi Sumo Digital – Developer dari Sackboy

Tencent Sumo Digital 01 Header

Sumo Digital mungkin lebih sering berperan sebagai studio support dalam beberapa tahun terakhir, namun tetap tidak dapat diremehkan seberapa sukses studio asal Inggris tersebut. Mereka kini miliki 10 cabang di bawah nama brand Sumo Digital ditambah dengan 4 studio yang berperan sebagai sister company.

Tencent, perusahaan konglomerat teknologi dan video game asal Cina dikabarkan tertarik untuk mengakuisisi studio yang terlibat dalam proyek Forza Horizon 4, Hitman, Crackdown 3 dan Sackboy ini. Tawaran akuisisi dikabarkan ialah sebesar $1.27 milyar atau sekitar Rp 18 triliun.

Perusahaan grup berisikan 14 studio dengan 1200 karyawan ini telah dikenal memiliki hubungan erat dengan banyak perusahaan besar mulai dari Sega, Microsoft dan juga Sony. Hal ini membuat ketertarikan Tencent sangatlah mudah dimengerti.

Sumo Digital pertama kali dibentuk pada tahun 2003 sebagai suksesor dari Gremlin Interactive dan juga Infogrames. Mereka langsung dipercaya oleh Sega dan Codemasters untuk membantu beberapa proyek.

Akuisisi belum memasuki tahap akhir, namun CEO dari Sumo Digital Carl Cavers jelaskan bahwa mereka memandang tawaran dari Tencent sebagai kesempatan yang tidak dapat dilewatkan begitu saja. Mereka percaya apabila Tencent dapat menjadi pendorong besar pada masa depan perusahaan mereka.

Tencent terus memperbesar sektor perusahaan mereka dalam beberapa tahun terakhir dan tak hanya sebatas pada perusahaan di Cina saja. Pada tahun ini saja mereka telah menguasai saham mayoritas dari Klei Entertainment dan Yager Studios serta saham minoritas pada Dontnod, Bohemia Interactive, Digital Extremes dan masih banyak lagi.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version