Terima Kasih dan Sampai Jumpa, Kiryu Coco!

Sampai Jumpa Kiryu Coco

Hampir satu tahun tujuh bulan berlalu sudah semenjak Vtuber Hololive berciri khas naga — Kiryu Coco ‘mengudara’ menebarkan senyuman dan tawa kepada orang banyak. Namun, semua yang berawal tentu memiliki akhir. Tepat pada 1 Juli lalu Coco resmi lulus dari Hololive meninggalkan rekan-rekan satu generasinya dan juga kita para Tatsunoko-nya (anak naga).

Melakukan debut menjelang tahun baru 2020, siapa yang menyangka sepak terjang salah satu Vtuber paling chaos dan blak-blakan ini bisa sebesar sekarang. Berkat kemampuan berbahasa Inggris-nya yang cukup fasih, ia tidak hanya populer Jepang namun juga secara internasional.

Maka dari itu, agaknya ini saat yang tepat untuk sekilas mengenang beberapa pencapaian fantastis serta momen-momen yang membuat Coco sangat dicintai oleh fans.

AsaCoco Live News dan Reddit Meme Review

Dua hal yang mungkin akan dirindukan oleh para fans adalah acara AsaCoco dan review meme di Reddit. Menurut Tsunomaki Watame selaku rekan satu generasinya, dua acara ini lah yang secara tidak membantu anggota Hololive lain untuk lebih dikenal.

Sesuai namanya, AsaCoco Live News merupakan parodi dari acara-acara berita di televisi. Coco hadir sebagai host membawakan berita-berita terkait apa-apa saja yang sedang dan akan dilakukan oleh rekan-rekan Hololive-nya namun dengan pembawaan yang kocak. Lewat AsaCoco, Coco juga pernah membantu Usada Pekora memperkenalkan kostum ala tahanan penjaranya.

Sedangkan Reddit Meme Review sendiri tentunya bisa kamu ekspektasikan. Coco berkolaborasi dengan rekan-rekannya secara berkala untuk mengulas meme seputar dunia Hololive.

Dua acara besutan Coco ini juga bisa dibilang yang mengundang audiens dari luar Jepang, terutama karena tersedianya subtitle berbahasa Inggris saat video-video tersebut tayang.

Naga Idol

Walau telah mendapatkan kostum Idol-nya pada Februari lalu, sang naga baru menunjukkan kemampuannya sebagai Virtual Idol menjelang kelulusannya.

Terdapat tiga lagu yang Coco nyanyikan, yakni cover lagu Fanza karya HoneyWorks, single originalnya yang berjudul Weather Hackers, kemudian Kiseki Musubi yang ia nyanyikan bersama rekan satu generasinya.

Mendorong terbentuknya Hololive EN

Kiryu Coco bisa dibilang salah satu yang mendorong terbentuknya Hololive EN atau English untuk melebarkan sayap ke audiens yang kurang mengerti bahasa Jepang. Ia bahkan membuat trailer untuk mempromosikan audisinya. Dan pada 7 September 2020 lahirlah generasi pertama Hololive EN.

Kefasihan Coco dalam berbahasa Inggris tentu memudahkannya berkomunikasi dengan Hololive EN, dimana ia turut membantu awal sepak terjang mereka hingga bisa populer seperti sekarang ini.

Kolaborasi dengan Hololive ID

Sayangnya, Coco tidak banyak berkolaborasi dengan anggota Hololive dari Indonesia. Ia hanya pernah mengundang Moona Hoshinova untuk nimbrung di Reddit Meme Review, kemudian hadir di pelajaran bahasa Indonesia miliki Pavolia Reine sekitar seminggu sebelum kelulusannya.

Walau demikian, Coco sendiri beberapa kali menyebutkan dan mengapresiasi anggota Hololive ID yang lain lewat beberapa stream-nya.

Naga yang sangat peduli

Dibalik sosoknya dan kelakuannya seperti kepala geng, rekan-rekan Hololive-nya menyebutkan bahwa Coco merupakan sosok yang pekerja keras dan sangat baik hati.

Ia menghibur Watame dan Minato Aqua untuk melewati masa sulit, membantu Uruha Rushia terkait persoalan teknis stream-nya, mempromosikan T-shirt milik Amane Kanata yang saat itu kurang laku, menyewa private server game Ark agar anggota Hololive lain dapat bermain bersama dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Coco bahkan mengusulkan pembangunan Holohouse untuk menjadi tempat tinggal bersama anggota Hololive, terutama mereka yang tinggal jauh dari kantor utama Hololive. Walau tidak terwujudkan, Coco bersama Kanata dan Hoshimachi Suisei menyewa sebuah apartemen (red) dekat kantor Hololive sebagai tempat tinggal. Namun tempat tersebut terbuka bagi anggota Hololive lain yang ingin menginap atau beristirahat ketika ada kolaborasi yang dilakukan di kantor.

Diberkati ‘langsung’ oleh Dragon of Dojima

Fans tentu telah mengetahui bahwa nama Kiryu Coco sendiri terinspirasi langsung dari karakter game Yakuza dengan nama yang sama — Kiryu Kazuma. Coco mengaku sangat menyukai game garapan SEGA tersebut sepenuh hatinya.

Beberapa waktu setelah pengumuman terkait kelulusan dari Hololive, Coco mendapatkan pesan tak terduga dari Takaya Kuroda — pengisi suara Kiryu Kazuma. Kuroda menyampaikan terima kasih karena telah mencintai gamenya dan karakter Kiryu Kazuma, kemudian ‘memberkati’ acara kelulusan Coco agar berjalan dengan lancar.

Coco-pun sangat terkejut dan tak menyangka akan tiba harinya dimana sang Dragon of Dojima menyebutkan namanya. Coco membalas bahwa ia takkan menyerah dan terus berjuang sampai menjadi legenda layaknya Kiryu Kazuma.

Semoga SEGA bersama Ryu Ga Gotoku Studio mengabulkan permintaannya untuk menjadi salah satu karakter di dalam game Yakuza di waktu yang akan datang.

Berkucurnya air mata Hololive

Sebagai salah satu Vtuber berpengaruh terhadap perkembangan Hololive, serta menjadi sosok yang selalu mengutamakan kesejahteraan rekan seperjuangannya, tak heran banyak anggota Hololive merasa sedih akan kelulusan Coco.

Seperti Pekora, Shishiro Botan, Tokoyami Towa dan Omaru Polka yang selalu terlihat ceria, elegan dan terkadang gila pun tak kuasa menahan tangis ketika membahas kepergian Coco.

Motoaki “Yagoo” Tanigo selaku CEO Cover Corp sebagai agensi dari Hololive sendiri bahkan mengaku turut sedih dan sedikit terisak ketika melakukan interview dengan Coco untuk yang terakhir kalinya.

Bersamaan dengan stream kelulusannya, Kiryu Coco turut mencetak rekor baru dalam sejarah Hololive. Yakni jumlah penonton bersamaan terbanyak hingga lebih dari 490 ribu orang dan penerima donasi Superchat terbesar.

Akhir kata akhir cerita, sudah saatnya merelakan kepergian sang naga yang akan menjadi superstar di dunia lain. Apapun yang Coco lakukan berikutnya sebagai sosok yang bukan lagi bagian dari Hololive tetap patut kita dukung. Nah, kira-kira momen mana yang akan selalu kamu kenang terkait Kiryu Coco? Yuk, langsung aja share pendapatmu di kolom komentar ya!

Terima kasih dan sampai jumpa, Kiryu Coco Kaichou!


Featured Image by sakuramt6

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Vtuber atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version