Terjebak di Versi Beta Windows 11? Begini Cara Mengembalikan Device Anda ke Windows 10

W11 Header W10

Microsoft dengan sistem operasi terbarunya Windows 11, akan memaksa penggunanya untuk segera beralih dari sistem operasi terdahulunya, Windows 10. Saat ini, pengguna sudah bisa mencicipi Windows 11 Beta, tentunya sebagian pengguna ada yang menyukai dan ada juga yang tidak.

Beberapa pengguna bahkan merasa terjebak di sistem operasi Windows 11 Beta dan bingung bagaimana caranya mengembalikan devicenya ke Windows 10. Seperti yang dilansir dari Guru3D, Microsoft memberikan waktu selama 10 hari kepada penggunanya untuk bisa mengembalikan device ke Windows 10.

Nah, buat yang merasa atau sudah terjebak di Versi Beta Windows 11, berikut cara mengembalikan device anda ke Windows 10:

Menggunakan Fitur Recovery

Kamu bisa mengembalikan sistem operasi device ke Windows 10 bila belum digunakan selama 10 hari dengan fitur Recovery ini. Untuk dapat mengaksesnya, kamu bisa pergi ke Settings, Update & Security, Recovery.

Pada bagian  “Previous Version Of Windows”, klik “Go Back”, dan dalam beberapa saat device anda akan kembali ke Windows 10.

Perhatikan bahwa bila sudah lewat dari 10 hari, kamu tidak akan bisa mengakses fitur Recovery ini. Jadi, sebelum melakukan langkah ini, pastikan kamu sudah backup semua data-data yang penting.

Melakukan Rollback

Rollback merupakan salah satu cara alternatif untuk kembali menggunakan Windows 10. Meski konsepnya kurang lebih sama dengan melakukan install ulang, namun Rollback lebih mudah dilakukan karena prosesnya tidak terlalu ribet. Untuk melakukan Rollback, cek langkah di bawah ini:

Terjebak di Versi Beta Windows 11? Begini Cara Mengembalikan Device Anda ke Windows 10 13

Setelah mengikuti step-by-step di atas, Windows 10 akan dipulihkan pada device sebagai clean install, yang artinya anda mungkin perlu memulihkan file pribadi anda.

Melakukan Install Ulang Dengan Flashdisk

Tidak dapat dipungkiri bahwa cara satu ini merupakan cara yang paling sering direkomendasikan ketika device kita mengalami masalah. Install ulang merupakan cara terakhir yang akan kami rekomendasikan, karena caranya sedikit lebih rumit untuk dilakukan.

Install Ulang Via Rufus Dengan ISO File

[Gambar]

Melakukan install ulang dengan ISO File juga bisa menjadi salah satu pilihan. Bedanya, dengan satu ISO File, kamu bisa langsung membuat bootable disk ke beberapa perangkat sekaligus. Cara ini lebih direkomendasikan karena bila flashdisk yang memuat Windows 10 bermasalah atau terhapus, kamu masih memiliki ISO File sehingga tidak perlu mendownloadnya lagi.

Nah, itulah dia beberapa cara untuk mengembalikan device anda ke Windows 10. Sebenarnya masih ada cara lainnya, namun cara di atas merupakan cara yang umum digunakan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version