Terjerat “Plagiarisme” Bethesda Tarik Kembali Permainan “Tabletop” Bertema Elder Scrolls Online

elder scrolls online elsweyr

Plagiarism atau yang lebih dikenal dengan penjiplakan merupakan salah satu kasus yang tidak bisa dimaafkan. Bagaimana tidak, sebuah karya mirik orang lain secara sengaja dijiplak tanpa melihat dan menghargai jerih payahnya selama membuat karya tersebut. Hal inilah yang kemudian menimpa Bethesda baru-baru ini.

Mengutip dari laman Arstechnica dilaporkan bahwa Bethesda telah melakukan plagiarisme dengan rilisnya permainan tabletop RPG bertema game andalannya yaitu The Elder of Scrolls Online. Setelah diketahui melakukan plagiarisme, pihak terkait kemudian menarik kembali tabletop RPG tersebut pada hari Rabu kemarin.

Lalu seperti apa kasus plagiarisme yang menimpa Bethesda ini ? permainan tabletop yang bertema The Elder of Scrolls Online ini diketahui memiliki banyak kesamaan dengan permainan tabletop Dungeon & Dragons Adventure yang dipublikasikan oleh Wizards of the Coast dan ditulis oleh Paige Leitman dan Ben Heisler pada tahun 2006 silam.

Dalam kasus ini ada kesamaan dalam dua permainan tabletop yang dirilis Bethesda maupun versi Dungeon & Dragons. Yang paling kentara adalah adanya karakter dengan nama “Chandra Stol” dalam kedua permainan tersebut, keduanya juga merupakan priestess dan priest. Nama karakter “Chandra Stol” sendiri pertama kali muncul dalam skenario The Black Road dari Dungeon & Dragons Adventure. Sementara di The Elder of Scrolls Online dalam cerita skenario Elsweyr yang merupakan rilisan Bethesda juga menggunakan nama karakter yang sama.

Bukan hanya itu saja, bahkan paragraf pengenalan dua skenario baik di The Black Road (Dungeon & Dragons Adventure) dan Elsweyr (The Elder of Scrolls Online) memiliki kesamaan di struktur kalimat meskipun beberapa nama dan kata kerja mengalami perubahan. Berikut perbandingannya :

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Versi Dungeons & Draogns Adventure, The Black Road

“There’s nothing like the desert to make people feel small and insignificant. In every direction, huge dunes roll across the landscape, and an even bigger sky looms above. The oasis of Vuerthyl is a motley collection of sun-bleached tents in the vast Anauroch desert.”

Versi Elder of Scrolls Online, Elsweyr

“Nothing beats the desert to make people feel small and unimportant. In every direction enormous dunes roll across the landscape, and an even larger empty air skies above it. The oasis on the border between Cyrodiil and Elsweyr is a colorful collection of sun-drenched tents in the vast desert of Elsweyr.”


Bethesda sendiri telah menarik permainan tabletop tersebut yang telah dibagikannya melalui halaman Facebook. Hingga saat ini pihak terkait masih belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai kasus plagiarisme ini. Elsweyr sendiri merupakan ekspansi baru yang nantinya akan rilis untuk The Elder of Scrolls Online mendatang.

 

Sumber : ArstechnicaVariety


Mau baca artikel seputar Elder of Scrolls hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

Exit mobile version