Terjun ke eSports, Apex Legends Segera Gelar Global Series

apex 2
Apex Legends Global Series akan ramaikan scene eSportsnya.

Esports bisa dibilang memang menjadi sebuah gelaran olahraga masa kini yang bisa dibilang sangat populer di seluruh dunia. Tak sedikit game yang mengedepankan kompetisi yang langsung terjun ke ranah tersebut dengan turnamen-turnamen besarnya. Sebut saja DotA 2, Counter-Strike Global Offensive, Tekken 7, Overwatch, Tom Clancy’s Rainbow Six Siege, League of Legends, Call of Duty, hingga game battle royale seperti PlayerUnknown’s Battlegrounds. Mereka miliki turnamen kelas dunia yang tak bisa dielakkan oleh keseluruhan gamer demi mengadu kemampuan mereka dengan player lain. Seolah jadikan eSports tolak ukur kesuksesan sebuah game kompetitif.

Kepopuleran eSports juga ditunjukkan dengan kehadiran “pemain baru” setiap beberapa tahun. Beberapa publisher dan developer game mulai bermunculan untuk hadirkan turnamen eSports berskala internasional mereka sendiri, baik untuk PC, console, maupun mobile. Dan sepertinya EA dan Respawn Entertainment akan memulainya dengan Apex Legends.

EA dan Respawn mengumumkan bahwa mereka akan gelar turnamen eSports pertama mereka, Apex Legends Global Series untuk versi PC gamenya. Turnamen tersebut akan diselenggarakan secara online dan live event. Berikan kesempatan bagi para player untuk saling bersaing demi memperebutkan total hadiah lebih dari US$3 juta.

Event yang akan diselenggarakan awal tahun 2020 tersebut akan menggunakan sistem seleksi point-based. Ini akan menentukan proses pemilihan player untuk mengikuti empat turnamen Major yang berbeda. Dengan kata lain, kamu yang memenuhi syarat minimal akan berkesempatan untuk bertanding secara online dan di beberapa live event. Jika kamu berhasil melaksanakan pertandingan dengan baik, maka kamu akan mendapatkan Apex Legends Global Series Points. Jika kamu mengumpulkan poin tersebut hingga batas minimal, maka kamu akan dipilih untuk mengikuti beberapa turnamen Major.


Tiga turnamen Major pertama akan berisi 100 skuad beranggotakan tiga player dari seluruh dunia. Sementara turnamen Major keempat akan menjadi turnamen grand final. Dari pertandingan tersebut akan dipilih sekitar 60 tim untuk perebutkan US$ 1 juta dan gelar Apex Legends Global Series World Champion.

Turnamen Apex Legends Global Series rencananya akan diselenggarakan pertamakali pada tanggal 25 Januari 2020 mendatang. Sementara turnamen Major pertama akan diselenggarakan tanggal 13-15 Maret 2020 di Arlington, Texas.


Keputusan EA untuk mengambil Apex Legends merupakan keputusan yang tepat. Hal ini dikarenakan pace permainan gamenya yang termasuk cepat. Di sisi lain, gamenya juga mengedepankan komposisi legends/hero dan kerjasama tim. Meskipun mereka memiliki Battlefield yang sering disebut oleh para fans sebagai “pesaing” dari Call of Duty. Namun untuk menyaingi franchise Activision tersebut sepertinya akan digantikan sepenuhnya oleh Apex Legends.

Ikuti terus berita tentang eSports maupun Apex Legends agar kamu tak ketinggalan update teranyar baik dari gamenya maupun eSportsnya sendiri.

contact: akbar@gamebrott.com

Exit mobile version