Terlalu Seksi, Versi Inggris dan Jepang Star Ocean V Disensor

STAR OCEEEAN V censored

Banyaknya kritik yang diterima developer game Jepang akibat keberanian mereka memamerkan karakter perempuan dengan pakaian minim ternyata sangat diperhatikan oleh developer Jepang. Tidak hanya Bravely Default dan Street Fighter V (meskipun mereka menyatakan bahwa itu adalah sebuah bug) saja yang mendapatkan sensor. Namun game Square-Enix yang dirilis di Jepang pada hari ini dan versi Inggrisnya pada tanggal 28 Juni nanti-pun mendapatkan sensor.

Untuk karakter Miki, pihak barat berpendapat bahwa, “Tidak sepantasnya anak remaja menggunakan celana dalam yang seksi”. Hal ini membuat kami akhirnya menambahkan kain lagi di bagian celana dalam Miki – Kobayashi  Shuichi, Produser Star Ocean V

Celana dalam terlalu seksi, akhirnya disensor yang justru membuatnya terlihat seperti popok

Hal ini diperkuat dengan adanya pernyataan Character Designer Star Ocean V Yasuda Akira, yang menjelaskan bahwa mereka akhirnya memutuskan untuk menyensor Star Ocean V. Yasuda juga memberikan gambaran sensor bagian celana dalam karakter bernama Miki yang justru tampak seperti popok dibandingkan celana dalam. Sementara untuk karakter lain seperti Fiore Brunelli yang menggunakan pakaian yang sangat minim kemungkinan besar tidak akan mereka sensor. Pasalnya, karakter ini memiliki latar belakang tersendiri mengapa dia akhirnya memakai pakaian seperti itu, dimana dia menggunakan sihir yang keluar dari kulitnya untuk menyerang musuh-musuhnya. Di sisi lain, menurut beberapa kritik yang dilontarkan pihak barat, game dengan rating remaja 15 tahun ke atas tidak sepantasnya menampilkan karakter remaja dengan pakaian seksi.

Beberapa hujatan komunitas gamer Jepang atas kritikan keras pihak barat

Keputusan yang terpaksa diambil tri-Ace ini tidak seraya mendapatkan dukungan oleh pihak Jepang. Banyak komunitas gamer Jepang yang mengutuk pihak barat yang sangat keterlaluan hanya karena hal sepele ini. Salah satu dari mereka berpendapat bahwa, banyak game barat dengan adegan sadis yang ditampilkan, namun tidak ada satupun yang protes dengan keberadaannya. Sementara game Jepang yang hanya menampilkan celana dalam atau pakaian seksi yang menurut mereka sepele justru dikritik sangat pedas oleh pihak barat.

Star Ocean V: Integrity and Faithlessness dirilis di Jepang hari ini dan versi Inggrisnya akan dirilis pada tanggal 28 Juni khusus untuk PS3 dan PS4.

Source: 4gamer, blogesuteru, mombot

Exit mobile version