7 Cara Memilih Laptop Beserta Tips yang Harus Kalian Perhatikan

Cara Memilih Laptop

Cara Memilih Laptop – Coba brott bayangkan, ada berapa banyak laptop di luar sana yang menanti tuan baru untuk memilihnya. Namun, pernahkah kalian terbesit gimana caranya tentukan tingkat kecocokan komputer jinjing dengan kebutuhan sehari-hari yang kita lakukan?

Kebanyakan orang akan berceloteh ‘mending ini – mending itu’, namun tetap saja kenyataannya tidaklah semudah yang dikatakan. Ini dikarenakan kebutuhan komputasi tiap orang pastilah berlainan dan cukup kompleks bila harus disamaratakan.

Kebetulan kami ada sedikit tips saat Memilih Laptop. Baik itu untuk kaum pelajar dan mahasiswa, sampai untuk kebutuhan produktivitas, kita akan mengupasnya secara perlahan.

Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Sesuai Kebutuhan

Harap sesuaikan dengan kebutuhanmu yah, brott

Di antara Cara Memilih Laptop yang Bagus ialah dengan memperhatikan bermacam faktor yang kerap dipusingkan para calon pembeli. Yuk kita ulik gimana sih caranya secara singkat, namun padat!

1. Minimal SSD

Sebagaimana standarisasi komputer zaman now yang telah kami buat sebelumnya, salah satu patokan untuk menentukan tingkat reliabilitas dari sebuah komputer jinjing ialah sudah terpasang SSD. Hal ini dikarenakan kecepatan dari SSD jauh lebih superior ketimbang HDD konvensional yang sudah mulai ketinggalan zaman.

2. Jangan Tergoda Harga yang Terlalu Murah

Jargon ‘murah belum tentu murahan,’ sulit untuk diterapkan pada perangkat tersebut. Ini dikarenakan bermacam fungsi dan kelebihan hanya tersedia pada komponen berkualitas. Garansi lima sampai sepuluh tahun rasanya mustahil diberikan bila brand tersebut belum terlalu dikenal.

3. Minta Saran dari Orang yang Berpengalaman

Di saat kita harus memilih sebuah Laptop, menanyakan hal tersebut ke orang yang lebih berpengalaman adalah kunci kemenangan. Ketimbang asal beli dan menyesal di kemudian hari, malah akan lebih baik ditemani orang yang benar-benar paham ketimbang saat membeli ketimbang membaca komentar ‘mendang-mending’ di komunitas.

4. Pastikan Memiliki Garansi Resmi

Sudah barang tentu memiliki garansi resmi adalah nilai tambah. Di luar sana, ada banyak sekali laptop yang hanya ditambahkan embel-embel garansi distributor atau toko, yang bisa saja akan merepotkan bila terjadi sesuatu di kemudian hari. Terlebih bila brand-nya tak terlalu dikenal, proses klaim akan habiskan waktu.

5. Cari Referensi dan Ulasan yang Kredibel

Setelah kalian memastikan hal di atas, tentunya kalian harus kembali cari referensi dan ulasan yang benar-benar kredibel. Biasanya kanal YouTube yang memiliki nama bisa jadi patokan sebelum membeli. Namun, tetap saja kalian harus ditemani orang yang berpengalaman karena tidak semua informasi harus ditelan mentah-mentah.

6. Cek Spesifikasi Terlebih Dahulu

Mengecek spesifikasi perangkat yang kamu incar adalah hal yang tak kalah penting. Berbekal orang yang berpengalaman di bidangnya, ulasan demi ulasan, dan ketertarikanmu akan sebuah perangkat, penulis merasa kamu takkan kesulitan mencarinya. Untuk menambah referensi, silahkan mengacu spesifikasi zaman now di sini.

7. Pastikan Budgetnya Ada

Sudah barang tentu hal terpenting yang harus kalian perhatikan adalah alokasi dana, alias uang. Kalau kalian tidak memiliki budget untuk membeli perangkat incaran, akan makin mudah untuk mencari alternatifnya terlebih bila kalian memiliki referensi dari orang yang berpengalaman di bidangnya.

Cara Memilih Laptop yang Bagus untuk Pelajar

Kaum pelajar dalam proses ajar-mengajar (Gambar: Pexels)

Mencari sebuah laptop untuk kaum pelajar adalah hal yang bisa dikatakan cukup mudah. Hal ini dikarenakan tidak semua aplikasi yang dibutuhkan bakal menuntut spesifikasi di atas rata-rata.

Namun dalam beberapa kasus, pelajar yang ambil jurusan desain komunikasi visual, teknologi jaringan, dan multimedia biasanya akan membutuhkan spesifikasi di atas rata-rata. Ini dikarenakan jurusan tersebut membutuhkan memori besar, dan VGA untuk mempermudah semua aktivitas belajar.

Menariknya, spesifikasi Laptop untuk Mahasiswa memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan pelajar, yaitu tergantung jurusan. Cara Memilih Laptop yang Baik Untuk Mahasiswa ini bisa ikuti ‘aturan main’ dalam memilih perangkat khusus kaum pelajar kok.

Bukankah akan lucu ketika mahasiswa desai hanya memakai prosesor Intel Celeron dan VGA seadanya untuk memproses semua objek? Ya kali.

Cara Memilih Laptop untuk Kerja

Produktivitas akan lebih baik bila memiliki spek memadai (Gambar: Pexels)

Sama halnya memilih laptop untuk pelajar, memilih laptop untuk temani produktivitas atau pekerjaan tetaplah bersifat relatif. Hal tersebut dikarenakan tidak semua pekerja akan membutuhkan spesifikasi bagus, selama pekerjaan mereka selesai.

Kendati demikian, para pekerja biasanya memiliki budget ekstra untuk membeli sebuah perangkat yang lebih andal. Adalah hal yang wajar, karena para pekerja biasanya lebih mementingkan reliabilitas atau keandalan dan ketangguhan saat memakai perangkat dalam waktu relatif lama ketimbang pelajar.

Bonus: Siapa Merk Laptop Terbaik di Tahun 2023?

Sulit menentukan merk laptop terbaik

Dahulu, embel-embel kualitas dan durabilitas biasanya hanya melekat pada satu-dua brand. Namun, seolah memberi dobrakan, saat ini ada banyak sekali brand yang meluncurkan laptop dengan kualitas yang tak kalah menarik.

Di luar faktor telah lulus sertifikasi dari orang yang melek dengan teknologi, komunitas, atau bahkan YouTuber, namun tetap saja hal tersebut akan bersifat relatif karena pada dasarnya barang elektronik tidak akan ada yang tahu kapan akan alami kerusakan.

Jadi, kami sama sekali tidak bisa memberikan titel Merk Laptop Terbaik dikarenakan hal tersebut, bahkan di tahun 2023 yang tentunya teknologi sudah makin matang.

Itulah dia beberapa Cara Memilih laptop beserta tips yang harus kalian perhatikan. Pokoknya, jangan terlalu gegabah dalam ambil keputusan sebelum membeli laptop incaranmu yah, brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version