Spek NVIDIA RTX 4060 Ti Bocor, Masih Bawa Memory GDDR6

Nvidia Rtx 4060 Ti

VGA Terbaru dari kubu hijau, NVIDIA RTX 4060 Ti dengan codename Ada Lovelace diharap kebanyakan orang untuk dapat hadirkan kemampuan yang lebih superior dari generasi terdahulu. Benarkah demikian?

NVIDIA RTX 4060 Ti Percayakan Konektor 12 Pin

Informasi menarik ini kami dapatkan dari leaker handal, Kopite7kimi, di mana ia telah membocorkan bermacam informasi menarik terkait kartu grafis teranyar dari NVIDIA tersebut. Kalian bisa membaca cuitannya di bawah ini:

Sumber: Twitter

NVIDIA RTX 4060 Ti 8GB GDDR6 memiliki PCB yang relatif lebih kecil dibanding generasi pendahulu. Hal yang dipertahankan adalah konektor CEM5 alias 12VHPWR yang masih dapat kalian temukan pada RTX 4000 seri flagship.”

Berdasarkan gambar di atas, tampak bahwa konsumsi daya dari kartu grafis terbaru dari NVIDIA berada di kisaran 220-an Watt, yang cukup mirip dengan kompetitornya RX 6700 XT di 230-an Watt.

Namun, ditanamkannya konektor 12 Pin tampaknya adalah langkah berani dari kubu hijau meski ada bermacam masalah yang melanda. Selain itu, speknya sama sekali tak terlalu menunjukkan uplift berarti dari generasi terdahulu. Sama halnya besaran VRAM yang ‘masih’ ada di 8GB.

Semua itu tampaknya demi hadirkan 4.300-an CUDA Cores untuk dapat memberikan pengalaman yang lebih baik untuk gaming maupun content creation.

GPU NVIDIA Ini Belum Percayakan GDDR6X

Standarisasi kartu grafis generasi berikutnya bernama NVIDIA RTX 4060 Ti ini tampaknya belum dapat percayakan memory jenis GDDR6X. Di mana jenis memory GDDR6 tanpa embel-embel ‘X’ ini sedikit lebih lambat ketimbang memory jenis terbaru.

Hal tersebut terjadi pada NVIDIA RTX 3060 Series, di mana kartu grafis tersebut diberikan kesempatan kedua dengan ditanamkannya memory jenis GDDR6X yang lebih cepat dan kekinian.

Entah apa yang ada di benak NVIDIA, tapi tampaknya kita harus percaya bahwa keputusan yang diambil adalah yang terbaik untuk semua pihak.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version