Ternyata, Konsol PS3 Sendirilah yang Menghambat Gamenya untuk Tampil Maksimal

in , , , ,

Era Playstation 3 mungkin telah lewat, dengan digantikannya oleh Playstation 4 dan bahkan PS4 Pro yang lebih powerful. Namun kembali ke era PS3 dahulu, banyak pihak yang mengatakan bahwa konsol adalah penghambat laju perkembangan video game pada masa itu. Bahkan karena hardware PS3 yang memang memiliki performa di bawah Xbox 360 kala itu, PS3 lah yang dicap sebagai pelaku utama. Meskipun, untuk game ekslusif mereka PS3 tetap mampu menghadirkan grafis yang di atas rata-rata seperti The Last of Us.

 

Dan, dalam pembuktian terbaru ini sepertinya pernyataan di atas cukup ada benarnya. Karena dalam video update yang dirilis oleh emulator PS3 – RPCS3 yang bisa kamu tonton di atas, mereka dapat menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan dari apa yang PS3 tampilkan ke apa yang seharusnya game PS3 tersebut dapat tampilkan. Yang dilakukan oleh RPCS3 hanyalah menaikkan resolusi ke 4K serta anisotropic filtering menjadi 16x  untuk memperhalus tekstur yang ada.

Bila pada umumnya game membutuhkan texture pack untuk dapat terlihat tajam di resolusi tinggi apalagi 4K. Maka sebenarnya game-game PS3 tidak membutuhkannya karena ternyata tekstur bawaan yang ada di dalam game-game PS3 sudah dalam resolusi yang tinggi, terima kasih pada teknologi Blu-ray yang dibawa oleh Sony. Namun disanalah akhirnya terungkap bagaimana konsol PS3 sendirilah yang tidak mampu memaksimalkan dari apa yang telah dibuat oleh publisher terhadap game-gamenya. Karena dengan game yang seharusnya ada saja, PS3 harus menurunkan teksturnya agar dapat dijalankan dengan lancar. Hasilnya tentunya berbagai tekstur dalam game yang terlihat blurry ataupun jaggies (kasar).

Tim dari RPCS3 sendiri mengatakan bahwa hal ini hanyalah secuil dari improvisasi yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan kualitas grafik dari game-game Playstation 3 lewat emulator. Fitur-fitur seperti costum anti-aliasing, texture scaling algorithms, dan bahkan patch spesifik dari komunitas merupakan hal-hal yang tengah mereka kerjakan saat ini. Melihat bahwa grafik game Playstation 3 tampil jauh lebih bagus di PC, bagaimana kira-kira game-game seperti The Last of Us ataupun Uncharted bila memiliki kesempatan untuk dapat dijalankan di PC?

sumber: arstechnica

 

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]