Ternyata Mayoritas Gamer Pemilik Steam sudah Menggunakan Windows 10. Bagaimana Denganmu?

dwqa

Kehadiran Windows 10 yang digadang-gadang oleh Microsoft sebagai OS yang dipersiapkan untuk gaming mungkin awalnya dipandang skeptis oleh para gamer. Bahkan, ‘pemaksaan’ yang dilakukan Microsoft yang selalu merekomendasikan untuk upgrade ke Windows 10 untuk user OS Windows sebelumnya membuat banyak orang jengah, upgrade gratis yang ditawarkan kelihatannya masih malas dimanfaatkan oleh para gamer. Bahkan, upgrade ke Windows 10 menjadi meme yang sudah bertebaran di dunia internet. Kebanyakan mereka menolak Windows 10 dan bertahan dengan Windows  7, atau bahkan Windows XP.

Namun, siapa sangka dari Survey Hardware dan Software yang dilakukan oleh Steam Juni kemarin menunjukkan bahwa mayoritas gamer pengguna Steam telah menggunakan Windows 10. Dalam statistik terakhir tersebut Windows tetap mendominasi OS yang digunakan dengan 95,50 %. Dengan rincian 42,94 % penggunanya telah menggunakan Windows 10, sedangkan Windows 7 ada di urutan kedua dengan 30,61 %. Yang bisa dibilang bahwa hampir setengah pengguna Steam sudah beralih ke Windows 10. Cukup mengejutkan mengingat hingga sekarang masih banyak candaan yang mengenai upgrade ke Windows 10 tersebut. Dalam statistik tersebut juga menunjukkan banyak info lain seperti Intel menguasai 3/4 penggunaan CPU dan sisanya adalah AMD. Sedangkan untuk kartu grafis didominasi oleh Nvidia dengan 56,71%, AMD 25,14%, Intel 17,77%, dan sisanya lainnya. Yang mengejutkan adalah bila menelisik lebih jauh kedalam urusan kartu grafis, Posisi atas yang ditempati Nvidia hanyalah pada kartu grafis DX12, yaitu GTX 970. Lalu, bagaimana dengan DX11, DX10, bahkan DX9. Secara mengejutkan semua peringkat atas diduduki oleh kartu grafis Intel dengan HD Graphic-nya.

Virtual Reality atau VR juga menunjukkan hasil yang mengejutkan dimana hardware yang mayoritas digunakan adalah HTC Vive, mengalahkan Oculus Rift yang sebetulnya digadang-gadang menjadi raja dari VR headset. Info lainnya adalah mayoritas gamer di Steam memiliki 8GB RAM di komputer/laptop mereka. Dengan resolusi layar rata-rata adalah 1080p alias Full HD. Untuk lengkapnya kamu bisa langsung cek di Steam. Lalu, bagaimana denganmu brott? Apakah spesifikasi yang kamu miliki masuk ke dalam mayoritas, diatas mayoritas, atau malah minoritas? Dan sedikit info terakhir dari Microsoft, mereka akan menghentikan promo upgrade gratis ke Windows 10 nya akhir Juli ini. Jadi bagi kamu yang belum dan berminat meng-upgrade OS-mu ke Windows 10 secara ‘gratis’ segera lakukan saja.

Exit mobile version