Ternyata PS2 Dulu Sudah Kuat Menjalankan Ray-Tracing Secara Real Time!

cover

Apakah Ray-Tracing sebenarnya hanyalah gimmick semata?

Ray-Tracing mungkin menjadi salah satu fitur yang dielu-elukan di beberapa tahun terakhir ini. Pertama kali diramaikan oleh Nvidia lewat line-up terbaru mereka yaitu Nvidia RTX, teknologi ray-tracing ini kemudian menjadi salah satu aspek yang membedakan video game “generasi kini” dan “generasi masa depan” atau next-gen. Terlebih lagi Sony dan Microsoft akhirnya juga menjadikan ray tracing ini sebagai salah satu fitur utama untuk konsol baru mereka, Playstation 5 dan Xbox Series X.

Meskipun implementasinya hingga saat ini bisa dibilang masih terbatas karena kebutuhan hardware yang tinggi, namun siapa yang menyangka bila 17 tahun lalu, bahkan teknologi ray-tracing ini ternyata sudah bisa diimplementasikan secara lancar. Lebih tepatnya pada konsol legendaris Playstation 2, yang akan berulang tahun yang ke-20 tahun ini. Hal ini sendiri ditemukan pada sebuah video lama yang diupload pada 2012 lalu oleh user Youtube Tinhh yang mempertunjukkan demo teknologi yang bisa digunkan di Playstation 2 dari acara “SCEE Assembly 2002 seminar on PS2 Linux”.

 

Dalam demo tersebut ada beberapa test yang dilakukan terhadap konsol Playstation 2, dan salah satu yang paling menarik adalah demo “Don’t Touch the Sphere” yang mempertunjukkan sebuah bola kaca yang menggunakan teknologi ray tracing lewat pencahayaan, bayangan, serta pantulan dari permukaan dengan berbagai warna di bawahnya.

Banyak penonton Youtube pun berkomentar di video tersebut bahwa mereka baru menyadari bahwa potensi hardware Playstation 2 dulunya tidak tergali secara maksimal. Untuk percobaan ray tracing di atas saja ternyata dilakukan tanpa bantuan hardware, hanya menggunakan “vector unit operation” atau secara sederhana hanya menggunakan software dalam Playstation 2-nya saja.

Meskipun hanya demo sederhana, PS2 membuktikan bahwa mereka bisa mengimplementasikan teknologi ray tracing secara real time

Perlu diperhatikan bahwa output gambar dari Playstation 2 hanyalah 480p atau 640 × 480 pixel. Sehingga kemungkinan besar test untuk ray-tracing, pyhsic, dan juga rendering banyak karakter dalam satu monitor tersebut dilakukan di resolusi 480p atau bahkan lebih rendah. Namun melihat bahwa test di atas belum menggunakan bantuan hardware, apakah sebenarnya ray-tracing ini adalah teknologi yang awalnya tidak terlalu dianggap penting, atau memang baru sekarang bisa diimplementasikan?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Tech atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at galihka@gamebrott.com

Exit mobile version