The Callisto Protocol Versi Jepang Batal Rilis karena Terlalu Brutal

The Callisto Protocol Versi Jepang

The Callisto Protocol versi Jepang – Tinggal 2 bulan lagi, game terbaru dari salah satu kreator Dead Space berjudul The Callisto Protocol akan segera rilis. Game tersebut mendapatkan antusias tinggi dari gamer karena memiliki elemen dan fitur gameplay seperti Dead Space.

Namun ada kabar buruk bagi gamer yang berasal dari Jepang. Itu karena game tersebut batal rilis untuk versi Jepang karena menolak disensor. Lho, kok gitu?

The Callisto Protocol Versi Jepang Batal Rilis?

Game versi Jepang batal rilis

Informasi ini diungkap sendiri oleh akun Twitter game-nya khusus region Jepang. Melalui sebuah tweet, game The Callisto Protocol versi Jepang tidak akan rilis di negeri Sakura tersebut. Itu karena mereka tidak lolos aturan rating CERO (Computer Entertainment Rating Organization) yang ada di Jepang.

Kalian bisa lihat tweet-nya di bawah ini.

The Callisto Protocol memutuskan untuk menghentikan perilisan game versi Jepang. Itu karena game ini tidak lolos rating CERO. Kami telah memutuskan untuk tidak bisa memberikannya kepada kalian dengan pengalaman yang diinginkan. Kami berharap kalian semua yang ada di Jepang memahaminya. Jika kalian telah melakukan pre-order sebelumnya, kami akan segera langsung memberikan refund.”

Alasan Game Versi Jepang Batal Rilis

Tidak dijelaskan secara detail kenapa game tersebut tidak lolos dari aturan CERO. Namun jika kita mengingat kembali seperti apa game The Callisto Protocol, ada kemungkinan game ini tidak lolos karena konten game yang terlalu brutal. Dari pernyataan yang menyebutkan “pengalaman yang diinginkan”, developer ingin memberikan pengalaman terbaik terbaik untuk pemain namun aturan sensor oleh rating CERO berkata lain.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya sebuah game horor yang memiliki adegan brutal harus mengikuti aturan CERO dan kewajiban developer game membuat sensor. Salah satunya terjadi pada game Resident Evil 7 dimana banyak perbedaan yang harus terkena sensor.

Jika developer Striking Distance Studios membuat game ini benar-benar penuh adegan brutal dan sadis dan mereka tidak ingin adegan tersebut disensor, tidak heran jika mereka tidak lolos rating dari CERO. Kalaupun mereka tetap mengikuti aturannya, game tersebut akan mengalami hal yang sama seperti video di atas.

Itulah informasi game The Callisto Protocol versi Jepang batal rilis karena game-nya tidak lolos rating CERO. Apakah suatu hari nanti game ini akan rilis juga di Jepang? Mari kita tunggu saja informasi selanjutnya dari developer Striking Distance Studios.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait The Callisto Protocol atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version