The Division Akan Miliki Size 50 GB untuk PC dan Xbox One, 90 GB untuk PS4

Ketika berbicara soal size game, biasanya tidak ada perbedaan drastis antara tiap platform. Bahkan jika ada, biasanya versi PC yang akan menjadi versi dengan size terbesar karena PC karena hal tertentu seperti file tekstur yang lebih tinggi dan support tertentu yang hanya ada di PC. Tetapi untuk game terbaru Ubisoft – The Division 2, hal tersebut tidaklah terjadi.

Untuk PC dan Xbox One, game multiplayer shooter yang berfokus pada loot ini akan miliki size sekitar 48-52 GB yang tergolong standar untuk game modern saat ini. Tetapi untuk versi PS4, kebutuhan storage akan dua kali lipat. Ubisoft mengkonfirmasi apabila versi PS4 akan memakan sekitar 88-92 GB. Hal ini membuat pemain yang membeli edisi fisik dari game tetap harus download setidaknya 50 GB agar dapat memainkan game.

Alasan mengapa versi PS4 miliki size yang jauh lebih tinggi ialah masalah teknis pada PS4 dalam memproses asset kualitas tinggi yang ada di game. Pada Xbox One, asset “ultra” dalam konteks tekstur dan tingkat visual yang lebih tinggi dapat dijadikan opsional, memberikan pemain pilihan untuk memakan asset “ultra” tersebut atau tidak. Tetapi pada PS4 hal tersebut tidak dapat dilakukan, membuat pengguna PS4 Pro ataupun PS4 biasa harus mengunduh seluruh bahkan jika PS4 standar tidak mampu untuk jalankan asset “ultra” tersebut karena limitasi hardware.

Update besar semacam ini memunculkan debat antara versi fisik vs versi digital pada game modern saat ini. Dengan size game yang semakin lama semakin melebihi tampungan dari disc blu-ray, banyak developer melakukan hal serupa seperti Ubisoft ini apabila size game sudah terlalu besar. Banyak orang membeli versi fisik untuk menghindari proses mengunduh lama semacam ini, tetapi dengan game terkadang memaksa pemainnya untuk mengunduh setengah isi game belum termasuk update-update yang telah dirilis, versi fisik perlahan-lahan semakin tidak berarti.

The Division 2 akan dirilis pada 15 Maret Mendatang untuk PS4, Xbox One dan PC.

Source: Gamerevolution

Exit mobile version