This War of Mine Jadi Kurikulum Pembelajaran di Sekolah Polandia

This War Of Mine Sekolah Polandia

Tidak selalu difokuskan untuk sekadar memberikan hiburan saja, tak jarang video game meninggalkan pesan-pesan moral maupun pembelajaran yang berarti. This War of Mine contohnya, game besutan 11 Bit Studios ini mengangkat tema peperangan, namun memposisikan kita sebagai warga biasa yang mencoba bertahan hidup di tengah-tengahnya.

Bertepatan dengan gamenya yang telah berusia 8 tahun di bulan November ini, sang developer bekerja sama dengan instansi pendidikan di Polandia dalam membawakan game This of War of Mine sebagai salah satu kurikulum pembelajaran menjelang akhir tahun 2022 ini. Lebih lanjut, para murid juga akan mendapatkan gamenya secara gratis.

Walau memang sekilas terlihat bahwa murid akan lebih banyak bermain dalam mata pelajaran baru ini, guru juga akan terlibat langsung dalam menganalisa dan menjelaskan nilai-nilai yang mungkin kurang ditangkap oleh murid-murid. Pada akhir pembelajaran, guru dan murid akan diminta menyampaikan pendapat dan pikirannya tentang game tersebut.

Belum jelas apakah pembelajaran lewat game This War of Mine ini akan berjalan di tahun 2022 saja atau akan terus berlanjut sampai ke generasi-generasi selanjutnya.

Sebuah langkah yang bagus dan patut diapresiasi tentunya, mengajarkan betapa buruknya dampak dari sebuah perang lewat medium video game notabene disenangi anak-anak, serta lebih diterima oleh pihak keluarga ketimbang menyaksikan langsung prajurit-prajurit yang gugur di medan pertempuran.

This War of Mine telah tersedia di platforms PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X|S, Switch, iOS dan Android.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait This War of Mine atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version