Tidak Jadi Rilis di Steam, Metro Exodus Pindah Eksklusif ke Epic Games Store

in ,

Sekitar dua minggu sebelum perilisan, publisher Deep Silver tiba-tiba mengumumkan bahwa game Metro Exodus akan berhentikan penjualannya di Steam dan pindah khusus ke Epic Games Store.

Hal ini dilansir dari PC Gamer, dimana penjualan Metro Exodus di Steam akan diberhentikan per hari ini (29 Januari 2019). Namun Deep Silver juga mengumumkan bahwa Metro Exodus akan kembali ke Steam dan toko lainnya tahun depan pada 14 Februari 2020.

Kamu yang sudah melakukan pre-order di Steam tidak perlu khawatir, karena kamu tetap dapat memainkannya melalui Steam saat gamenya rilis pada 15 Februari 2019 mendatang. Dan kamu yang ingin membelinya di Steam, disarankan untuk membelinya sebelum hari ini berakhir.

Kamu juga akan mendapati notice seperti di bawah ini saat mengunjungi Metro Exodus di halaman Steam.

Melihat dari pengumuman di atas, nampaknya pihak Steam sendiri merasa diperlakukan tidak adil terlepas dari penjualan yang telah mereka dapatkan selama masa pre-order berlangsung. Hal ini mengingat Metro Exodus sendiri merupakan salah satu game yang ditunggu di tahun 2019, dan tentunya akan lebih banyak pemain yang membeli game tersebut jika perilisannya berhasil.

Hal mungkin juga sedikit mengingatkanmu akan game The Division 2 garapan Ubisoft yang juga dijual khusus via Epic Games Store sekitar beberapa minggu yang lalu. Pihak Deep Silver sendiri sepertinya tergiur akan pembagian keuntungan yang dijanjikan oleh Epic Games Store.



Terlepas dari itu semua, nampaknya hal seperti ini memang terdengar berbahaya bagi Steam kedepannya. Epic Games Store sendiri nampaknya juga bergerak dengan cepat dengan menggaet studio-studio kecil, dan belakangan juga mengumumkan akan segera menghadirkan regional pricing. Valve nampaknya harus kembali merombak kebijakannya jika tidak ingin dikalahkan Epic Games Store.

Metro Exodus rencananya akan dirilis pada 15 Februari 2019 mendatang pada platform PC, PS4 dan Xbox One. Kamu yang tertarik membelinya di PC bisa mengunjungi halaman Steam ataupun Epic Games Store.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Metro Exodus atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

 

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]