Tidak Lebih Besar, Ukuran File Guardians of the Galaxy Versi PS5 Justru Hanya Setengah Versi PS4

1176237

Seperti banyak game terbaru saat ini, game Guardians of the Galaxy dari Square Enix dan Eidos Montreal juga tersedia di banyak platform. Maka seperti kualitas visual dan fitur yang bervariasi, ukuran file Guardians of the Galaxy juga berbeda di setiap platform. Menariknya, perbedaan ukuran file game superhero Marvel itu di PS4 dan PS5 bisa dibilang unik dan tidak biasa.

Terlepas dari fakta bahwa Guardians of the Galaxy merupakan game single-player, ukuran file instalasinya di PS4 terbilang cukup besar di angka 59GB. Sementara versi PS5 yang harusnya memiliki ukuran lebih besar karena kualitas visual lebih bagus dan fitur lebih canggih, ternyata hanya berukuran setengahnya, seperti yang sempat di-mention oleh salah satu pemain di Twitter dengan username Zuby_Tech. Lebih jelasnya, Guardians of the Galaxy versi PS5 hanya berukuran 31GB saja.

Bukan tanpa alasan, Kraken menjadi yang bertanggung jawab untuk “fenomena” unik tersebut. Bagi yang asing, Kraken merupakan fitur kompresi yang memungkinkan PS5 untuk meminimalkan ukuran game-game tertentu. Dengannya, pengguna PS5 jadi bisa menyimpan lebih banyak game di konsol kesayangan mereka tanpa harus menghapus game lain atau memindahkannya ke penyimpanan tambahan.

Dengan PS5 yang baru berusia satu tahun, hingga kini hanya ada beberapa game yang memanfaatkan kemampuan yang dimiliki Kraken. Dengan kata lain, masih butuh beberapa waktu sampai akhirnya ada lebih banyak game PS5 lagi – terutama game third-party – untuk punya ukuran file lebih “hemat” di PS5. Sampai waktu itu tiba, nampaknya game first-party dari developer seperti Insomniac Games, Sony Santa Monica dan Sucker Punch, akan jadi yang terdepan yang memanfaatkan Kraken.

Guardians of the Galaxy saat ini tersedia untuk dimainkan di PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, GeForce Now dan juga PC.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Guardians of the Galaxy atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version