[OPINI] Apakah Tidak Membeli DLC The Sims 4 akan Mengurangi Keseruan Bermain?

The Sims 4 DLC

The Sims 4 DLC — The Sims 4 sudah berusia hampir satu dekade sejak ia pertama kali dirilis. Dengan usianya yang sudah tua, game simulasi yang satu ini sudah lahirkan banyak DLC dimana DLC ini juga mengikuti perkembangan zaman yang ada di dunia nyata.

Apakah Membeli DLC The Sims 4 Itu Perlu?

Apakah perlu membeli DLC The Sims 4?

Dengan digratiskannya Base Game The Sims 4, maka bermain game simulasi kehidupan tak lagi menjadi pertimbangan. Setidaknya kalian bisa memainkan game ini meskipun dengan konten yang terbatas.

Kerap penulis dilempar pertanyaan “Apakah DLC The Sims 4 itu wajib?“. Untuk menjawab pertanyaan ini, penulis akan bagikan informasi mengenai apa saja yang kalian temukan di Base Game.

Harapannya, informasi ini bisa kalian jadikan pertimbangan sendiri nantinya. Dan perlu dicatat pula bahwa sebagian besar tulisan di artikel ini juga didukung oleh pendapat pribadi penulis. Brott-brott sekalian bebas untuk ikut setuju atau tidak.

Fitur Base Game The Sims 4

The Sims 4 Base Game

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dengan Base Game The Sims 4 yang digratiskan, kini kalian tak perlu lagi untuk mencoba segala fitur mendasar yang ada di The Sims 4. Setidaknya ada 10 fitur terbaik yang akan kalian temukan.

Berikut penjelasan singkat masing – masing fitur:

1. Collectible

Kalian bisa ngumpulin benda – benda langka yang tersembunyi di bawah tanah rumah tempat kalian tinggal. Bisa dipakai buat pajangan atau sumbangkan ke Geo Council.

2. Kalender

Berisi informasi hari – hari libur atau perayaan besar yang bisa diikuti oleh Sims kamu. Kamu juga bisa tambahin hari perayaanmu sendiri.

3. World

Di base game, kalian dibekali dengan 3 world atau map yang berbeda. Di antaranya: Willow Creek, Oasis Springs, dan Newcrest.

4. Infants

The Sims 4 hadirkan kehadiran life stage baru Infants atau Batita (Bayi Tiga Tahun) yang membuat gameplay di game ini semakin luas.

5. Karir

Base Game memiliki 13 karir yang bisa kamu pilih dan setiap karir setidaknya memiliki 2 cabang, jadi Sims kamu bisa berfokus pada bidang tertentu.

6. Create-A-Sim Story

Simmer yang suka bangun membangun rumah pastinya bakal sangat terbantu dengan fitur – fitur baru yang akan kalian temukan di Build Mode-nya

7. Build Mode

Simmer yang suka bangun membangun rumah pastinya bakal sangat terbantu dengan fitur – fitur baru yang akan kalian temukan di Build Mode-nya.

8. Kolam Renang

Tidak seperti game The Sims lawas, di serial ke-4 ini kalian bisa keluar masuk kolam renang tanpa menggunakan tangga. Kalian bahkan bisa ngobrol sambil makan di dalam air.

9. Plant Sims

Capek jadi manusia? Jadi tanaman saja. Kalian bisa berubah menjadi Plant Sim. Setelah menjadi tanaman, kalian hanya memerlukan energi sinar matahari dan air untuk tetap bertahan hidup.

10. Scenario

Jika kamu merasa gameplay-mu mulai repetitive dan bosenin, kamu bisa coba fitur Scenario. Jika diibaratkan sebagai RPG, Scenario ini sama bentuknya dengan quest yang harus diselesaikan.

Kesimpulan

Beli atau Engga?

Dengan fitur sebanyak itu, maka saya akan menutup artikel ini dengan jawaban “Tidak perlu“. 10 fitur yang saya jelaskan di atas sebenarnya sudah cukup menunjang gameplay para simmer.

Game ini stand alone, dan kehadiran DLC ini menawarkan tambahan world dan mungkin konten yang memperluas gameplay secara tipis. Namun, game ini bisa banget dimainkan dengan tanpa DLC.

Jikalau pun ada saran yang bisa diberikan, saya lebih rekomendasikan untuk kalian mendownload Mod atau Custom Content gratis saja daripada membeli DLC yang harganya setara dengan satu PC gaming. Namun, jangan lupa untuk pastikan bahwa Mod / Custom Content yang kalian download ini compatible dengan base game The Sims 4, ya.

Bagaimana menurut kalian? Apakah brott punya pendapat lain mengenai diskusi kali ini? Jangan sungkan bagikan dengan penulis di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait The Sims atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version