TikTok Bermasalah dengan OBS Terkait Fitur Terbarunya

Tiktok Vs Obs

Belakangan ini, tampak ada banyak sekali usaha dari TikTok selaku aplikasi berbagi video merangkap media sosial untuk dapat menunjukkan eksistensinya. Sayangnya, baru-baru ini kami mendapati informasi bahwa TikTok bermasalah dengan OBS terkait fitur terbarunya.

Tak Sertakan Source Code

Fitur teranyar TikTok bernama Live Studio yang dirancang khusus untuk sistem operasi Windows ternyata tak sertakan source code dari OBS. Seharusnya, permasalahan ini bisa dihindari bila TikTok menyertakan source code, mengingat Open Broadcaster Software (OBS) adalah aplikasi open-source.

Namun, entah disengaja atau tidak, TikTok sama sekali tak mematuhi peraturan lisensi OBS, dan kini berhasil menambah masalah yang ada.

Permasalahan ini pertama kali ditemukan oleh seorang programmer HunterAP yang kemudian dicuit oleh Naaackers secara publik. Dalam cuitannya, Naaackers temukan beberapa poin yang seolah ‘dilewati’ oleh media sosial sekelas TikTok.

“Apakah kalian ingat dengan fitur terbaru TikTok beberapa waktu silam? Ternyata fitur tersebut hanyalah tiruan dari @OBSProject,” cuitnya. Selain itu, tak lupa ia ucapkan terima kasih pada HunterAP yang berhasil menemukan kesalahan yang entah disengaja atau tidak ini.

HunterAP selaku programmer iseng membuka source code dari Live Studio besutan TikTok untuk kemudian dikagetkan bahwa source code tersebut sangatlah mirip dengan kepunyaan OBS.

“Mereka (TikTok) hanya sekedar memasang OBS dan gunakan frontend milik mereka untuk kemudian sembunyikan beberapa fitur,” tutup HunterAP.

Selain itu, GlitchedMythos pun menambahkan bahwa bila TikTok harus ikuti alur GNU General Public License (GPL) Version 2. Di mana TikTok, wajib membuat source code mereka dapat dilihat oleh siapapun. Dan bila mereka tak melakukannya, OBS dapat menyeret media sosial tersebut ke ranah hukum.

Sebelumnya, OBS memang sempat bermasalah dengan Streamlabs, bahkan sampai tuai kontroversi sampai melibatkan streamer kondang Pokimane. Kami berharap bahwa TikTok dapat membuat semuanya menjadi jelas dan tidak menambah masalah di akhir tahun ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version