Tim Dibalik Emulator 3DS Mulai Kerjakan Emulator Nintendo Switch

switch emulator2

Kehadiran sebuah emulator dari console untuk PC memang tak bisa dihindari lagi. Dengan kehadiran emulator Wii U yaitu CEMU serta emulator 3DS yaitu Citra, hanya perlu menunggu waktu kapan kehadiran dari emulator dari console terbaru Nintendo – Switch. Namun tak disangka jika keberadaan emulator tersebut lebih cepat dari yang diperkirakan.

Yuzu Emulator merupakan proyek emulator yang dikembangkan oleh tim yang sama yang kerjakan Citra emulator. Dengan 3DS dan Switch miliki arsitektur yang sama, maka proyek ini sama-sama gunakan GPLv2 untuk dikembangkan. Proyek emulator ini dimulai sejak musim semi tahun kemarin dengan progress yang tergolong lambat, akan tetapi progress tersebut mulai meningkat pesat setelah keberadaan reverse engineering serta homebrew. Pada hari minggu kemarin, tim Yuzu akhirnya umumkan proyek ini secara umum lewat Twitter official mereka.

https://twitter.com/yuzuemu/status/952461671368478721?ref_src=twsrc%5Etfw&ref_url=http%3A%2F%2Fwww.pcgamer.com%2Fswitch-emulator-announced-made-by-team-behind-citra-3ds-emulator%2F

Proyek ini masih benar-benar dalam tahap awal pengembangan. Versi sekarang belum bisa mainkan game komersil apapun. Untuk saat ini Yuzu baru bisa digunakan untuk mengakses homebrew namun itupun masih jauh dari kata sempurna.

Prioritas tim Yuzu kini tentu saja membuat emulator dapat menjalankan game. Namun berapa lama gamer PC harus menunggu hal tersebut terjadi masih menjadi tanda tanya. Serta apakah Nintendo akan turun tangan akan keberadaan tim Yuzu ini melihat Switch tergolong console yang masih sangat baru dan kehadiran emulator ini dapat pengaruhi penjualan console mereka? Kita lihat saja nanti.

Source: PC gamer

Exit mobile version