Tim Sweeney: Hitman 3 akan Impor Pembelian Seri Sebelumnya dari Steam

in
Kehadirannya di Epic Games Store picu kebingungan.

Berpindah dengan eksklusivitas sementara menjadi hal yang biasa dilakukan developer terhadap gamenya sejak Epic Games Store dirilis. Toko milik Tim Sweeney tersebut berikan penawaran eksklusivitas satu tahun kepada setiap developer maupun publisher yang ingin merilis gamenya di semua platform termasuk ragam toko di PC.

Penawaran eksklusivitas tersebut dibayar oleh pengembang Unreal Engine 4 dengan harga cukup tinggi. Membuat developer maupun publisher yang bahkan telah berjanji pada komunitas untuk rilis gamenya di Steam goyah iman.

Model bisnis seperti ini memang cukup buruk bagi mereka yang telah berjanji pada komunitasnya. Namun tidak bagi beberapa developer yang memang membutuhkan suntikan dana. Khususnya mereka yang kembali independen seperti IO Interactive.

Sejak dilepas Square-Enix, IO Interactive berusaha mandiri dengan mencari uang sendiri untuk kembangkan Hitman. Mereka bekerjasama dengan Warner Bros di iterasi keduanya, sementara seri teranyar yang dirilis bulan ini mereka publish sendiri. Namun tidak untuk PC, karena mereka bekerjasama dengan Epic Games untuk menjual Hitman 3 di toko mereka selama satu tahun.

Hitman 3 akan hadirkan semua map dan cerita dari triloginya, baik seri pertama dan kedua. Namun, hal ini menjadi sebuah kebingungan hebat saat akan merilisnya di PC mengingat iterasi sebelumnya dirilis di Steam.

Versi PC Hitman 3 akan dirilis secara eksklusif di Epic Games Store. Seperti yang telah dijelaskan oleh IO Interactive, player yang lakukan pre-order akan dapatkan Access Pass untuk Hitman GOTY yang mungkinkan mereka untuk memasukkan semua misinya ke iterasi teranyarnya.

Sementara bagi player Hitman 2, mereka perlu membeli Access Pass meskipun telah memiliki gamenya. Mereka juga wajib menyambungkan akun Steam ke akun IO Interactive dan mentransfer save datanya.

Melansir cuitan PCGamesN di Twitter yang menyatakan bahwa versi Epic Games Store dari Hitman 3 takkan mengimpor save data atau data bahwa player telah membeli seri pertama dan keduanya. Tim Sweeney selaku CEO Epic Games membalas cuitan tersebut dengan mengatakan bahwa tim mereka saat ini tengah membicarakannya dengan IO Interactive terkait hal tersebut.

Lebih lanjut Sweeney mengaku bahwa Epic Games tidak berencana untuk memaksa player membeli gamenya kembali di toko mereka meskipun telah membelinya di Steam.

Tentu saja hal ini masih belum dapatkan keputusan penuh, karena saat ini mereka tengah menentukan bagaimana seharusnya para fans bisa mengimpor data pembelian dari Steam atau tidak. Namun melihat Sweeney akan melakukannya, sepertinya hal tersebut mungkin saja terjadi. Kita tunggu saja!

Hitman 3 direncanakan untuk rilis pada tanggal 20 Januari 2021 mendatang di PC (EGS), PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X, Switch (Cloud), dan Stadia.


Baca lebih lanjut tentang Hitman 3 atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).