Tim Sweeney Marah Ketika Email Gaben, COO Valve Respon dengan Troll

Tim Sweeney Marah

Tim Sweeney Marah – Saat ini, Valve sedang berada dalam sidang antitrust yang sedang berlangsung melawan pengembang indie kecil yaitu Wolfire studio. Tuntutan ini dilayangkan pada tahun 2021 kemarin karena kontrol Steam terhadap harga game dan upaya menjatuhkan saingan.

Meskipun Valve sendiri telah berusaha untuk membubarkan tuntutan, ternyata hal ini tetap berjalan di tahun 2022 dan situasi saat ini semakin panas dengan berbagai pertukaran email antara Valve dan Epic Games yang kini dapat diakses oleh publik.

Salah satu email yang kini hadir di publik adalah email Tim Sweeney marah kepada Gaben dalam sebuah email mengenai harga game. Dan tentunya terdapat percakapan menarik dalam dokumen ini.

Tim Sweeney Marah Ketika Email Gaben?

Email dari Tim Sweeney

Percakapan ini melibatkan CEO Valve Gaben Newell, COO Valve Scott Lynch, dan juga CEO Epic Games Tim Sweeney. Percakapan terjadi melalui e-mail pada tahun 2017 lalu dan diketahui oleh Simon Carless dari GameDiscoverCo.

Tim Sweeney mengontak Valve secara khusus mengenai komisi 30% yang dipasang oleh Platform Steam dalan penjualan. Hal ini merupakan hal yang dilawan oleh Sweeney selama bertahun-tahun.

Dalam pertukaran email tersebut, Sweeney memberikan argumen bahwa Valve bisa membiarkan komisi tinggi pada zaman dulu namun kini harus diturunkan karena biaya operasi yang menurun setiap tahunnya.

Dan tentunya Sweeney sangat kesal dengan hal yang dilakukan oleh Valve. Hal ini ia lakukan kembali pada tahun 2018 setelah platform tersebut mengumumkan bahwa komisi akan diturunkan ke 20% untuk game-game sukses di platform mereka.

Direspon hanya dengan “You Mad Bro?”

Dibalas Dengan Troll

Tentunya Sweeney menjadi kesal dan memanggil beberapa petinggi valve dengan nama yang cukup kasar. Dirinya juga menyebut petinggi Valve memberikan perlakuan spesial terhadap developer dan publisher yang kuat sementara itu “orang kecil” terpaksa menghadapi komisi yang tinggi.

Saat ini, kamu-kamu yang b***sat mengatakan kepada dunia bahwa yang kuat dan memiliki kuasa mendapatkan perlakuan spesial, sementara 30%(Komisi) adalah untuk rakyan kecil

Tim Sweeney

Tentunya perkataannya ini menyerang perasaan Gaben ataupun Lynch dimana Lynch kemudian membagikan email ini kepada Gaben dan juga project manager Erik johnson sehari kemudian dengan kalimat “You Mad bro?”

Sebenarnya Sweeney seharunya tidak berbicara kasar kepada Valve seperti yang ia lakukan meskipun tujuannya bisa dikatakan baik. Namun tentunya dalam bernegosiasi, menggunakan bahasa yang sopan adalah hal yang diharuskan.

Namun hal ini tentunya bukanlah menjadi justifikasi respon Lynch yang juga tidak profesional dengan menggunakan meme meskipun hal tersebut dapat menggambarkan hal yang terjadi dalam pertukaran email tersebut.

Dan tentunya dengan adanya email ini, semakin dipastikan bahwa hubungan para petinggi baik Valve maupun para petinggi Epic games memang sedang tidak baik dan tidak saling suka satu sama lain.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version