Inilah Timeline Mortal Kombat Dari Awal Hingga Seri Terbaru

Timeline Mortal Kombat

Mortal Kombat merupakan seri game yang memiliki jalan cerita yang sangat rumit. Hal ini dikarenakan adanya beberapa perubahan yang diakibatkan oleh Time Travel yang membuat jalan cerita berubah.

Saat ini, Game Mortal Kombat memiliki 2 Reboot yaitu pada seri Mortal Kombat 9 dan juga game yang akan rilis nanti yaitu Mortal Kombat 1. Kedua seri ini membuat jalan cerita akan berubah dari timeline originalnya.

Timeline Mortal Kombat Lengkap dari Awal Hingga Akhir

Timeline Mortal Kombat

Sebelum memainkan game Mortal Kombat 1 yang akan rilis pada tahun ini, alangkah baiknya kita memahami dulu Timeline Mortal Kombat lengkap dari awal hingga akhir. Perlu diingat bahwa artikel ini akan berisi spoiler seluruh game Mortal Kombat. Berikut adalah timeline untuk game fighting penuh darah tersebut.

Awal Mula Dunia Mortal Kombat

Awal Mula Dunia Mortal Kombat

Pada awal mula dunia, terdapat 3 entitas suci yaitu One Being, Elder Gods, dan Titans. One Being hidup dan mendapatkan kekuatan dari menyerap dan mengkonsumsi Elder Gods serta Titans. Suatu waktu, Elder Gods yang sudah tidak terima akhirnya melawan One Being untuk menyelamatkan diri mereka.

Para Elder Gods membuat 6 senjata yang disebut Kamidogu. One Being pun dikalahkan oleh Kamidogu dan terbelah menjadi 6 bagian. Kamidogu pun juga ikut terpisah mengikuti masing – masing bagian One Being yang kini menjadi 6 dunia yaitu Earthrealm, Outworld, Edenia, Netherrealm, Orderrealm, dan Chaosrealm.

Dunia – dunia kecil lainnya juga ikut terbentuk seperti dunia reptile, tarkata, Dreamrealm, Nightmarerealm dan lainnya. Setelah konflik tersebut selesai, para Titans menghilang dari dunia dan para Elder Gods bertugas untuk memantau dunia – dunia yang ada serta turun tangan jika dunia bergabung secara tidak legal.

Akhirnya Elder Gods membuat sebuah peraturan agar setiap dunia tidak semena – mena. Mortal Kombat diciptakan sebagai sebuah kontes sakral antar dunia yang menentukan takdir dunia – dunia tersebut. Turnamen Mortal Kombat diadakan setiap 5 abad atau 500 tahun sekali.

Pada turnamen tersebut diberikan sebuah peraturan dimana setiap petarung dapat menggunakan kekuatan spesial mereka ketika bertarung dan hukuman bagi lawan yang menyerang secara langsung atau diam – diam baik ketika sebelum maupun sesudah pertarungan.

Hadiah dari turnamen tersebut adalah dunia yang menang sebanyak 10 kali secara berturut – turut dapat menggabungkan dunia lawan yang kalah dengan dunia yang menang. Hal ini menjadi dasar agar para penguasa dunia tidak menyerang dunia lain.

Sementara itu Outworld yang berkembang menjadi dunia para makhluk barbar kini dikuasai oleh Onaga the Dragon King. Kemudian Outworld diinvasi oleh Netherrealm yang bekerja sama dengan Kafallah Warlock. Disinilah diketahui tujuan Onaga menyatukan Outworld adalah agar dunia ini tidak diserang oleh Netherrealm.

Onaga kemudian menyerbu berbagai dunia dan berhasil menguasainya. Hal ini karena Onaga memiliki Onaga’s Heart yang mampu membangkitkan pasukannya dari kematian kecuali dirinya sendiri. Karena Onaga ingin hidup abadi, maka dirinya memilih untuk masuk kedalam telur naga terakhir agar mendapatkan keabadian.

Namun sayangnya dirinya dikhianati oleh jendral perangnya yaitu Shao Kahn yang kini haus kekuasaan. Onaga diracuni oleh Shao Kahn dan Kahn kini menguasai Outworld. Namun tidak seperti Onaga, Shao Kahn tidak mampu menyatukan dunia tersebut dan kini terpecah belah sekali lagi.

Sementara itu di Edenia, Argus yang merupakan dewa dan sekaligus raja dunia tersebut memiliki 2 orang anak dari istrinya, Delia. Kedua anak tersebut bernama Taven dan Daegon. Namun ternyata Argus memiliki anak lain dari hasil perselingkuhannya dengan seorang Mortal bernama Amara. Anak tersebut nantinya dikenal sebagai pangeran bernama Rain.

Delia yang sering mendapatkan penglihatan akan masa depan melihat bahwa di masa depan nanti akan terjadi sebuah kehancuran dimana para petarung Mortal Kombat yang sudah terlalu kuat dan banyak akan menghancurkan dunia. Namun Delia tidak melihat akan kembalinya One Being di masa depan saat 6 Kamidogu dan amulet realm digabungkan, maka orang yang menggabungkannya akan mendapatkan kekuatan tak terbatas dan menghancurkan dunia.

Kronika yang merupakan Titan dan penjaga waktu kemudian sadar dan merencanakan rencana untuk membuat “Era baru” dan melengserkan Elder Gods sehingga para Titan dapat menguasai dunia. Elder Gods kemudian membuat sebuah rencana untuk menghindari kehancuran dengan mengumpulkan para petarung Mortal Kombat di satu tempat dan Delia ditugaskan untuk menciptakan Blaze agar dapat menghentikan para petarung tersebut.

Argus dan Delia kemudian merencanakan untuk mengutus kedua anak mereka untuk ikut bertarung di masa depan dan siapapun diantara mereka berdua yang menang melawan Blaze berhak menjadi pemimpin Edenia. Namun sekali lagi, Delia tidak sadar bahwa ini adalah bagian dari rencana Kronika juga.

Perang Earth Realm Pertama – Raiden vs Shinnok

Shinnok Elder God Kegelapan

Shinnok merupakan Elder God kegelapan yang kini haus kekuasaan dan ingin menguasai dunia. Dirinya merupakan saudara Centrion yang merupakan Elder God cahaya serta mereka berdua adalah anak dari Kronika. Shinnok mengelabui Naga merah Caro yang menjaga Daegon untuk membangunkan Daegon dari tidur panjangnya.

Kemudian Daegon Dihasut oleh Shinnok untuk membunuh kedua orang tuanya dan hal tersebut membuat Edenia menjadi lemah. Shao Kahn yang melihat edenia menjadi lemah kemudian menyerang dunia tersebut. Sementara itu Shinnok memilih bumi untuk dunia yang akan ia kuasai.

Elder Gods lain menujuk dewa petir Raiden untuk menjaga bumi. Kemudian terjadilah pertarungan antara kedua dewa tersebut. Hasil dari pertarungan tersebut adalah bangsa Saurian kehilangan bumi dan mendapat kompensasi yaitu diizinkan untuk menempati Zettera.

Shinnok pun kalah dan disegel di Netherrealm. Amulet yang dimilikinya kini disimpan dan dijaga oleh 4 penjaga di sebuah kuil yang dibuat oleh Raiden di pegunungan Himalaya. Shinnok yang berada di Netherrealm berteman dengan penyihir bernama Quan Chi dan mereka berdua kini menguasai Netherrealm.

Sebelum Mortal Kombat

Edenia Sebelum Diinvasi Outworld

Shao Kahn yang menguasai Outworld kini memiliki ambisi untuk menguasai berbagai dunia yang ada. Salah satu targetnya adalah Earthrealm dan Edenia. Dirinya menginvasi Edenia terlebih dahulu dan memenangkan Turnamen Mortal Kombat sebanyak 10 kali. Kahn kemudian mengambil ratu Sindel dari raja Jerrod. Sindel menyarankan agar Shao Kahn melatih anaknya yaitu Kitana sebagai Assassin.

Sindel kemudian dibuat seolah – olah menghabisi dirinya sendiri dan mengurung Shao Kahn agar tidak menyerbu dunia lain. Sebenarnya dirinya dibunuh oleh Quan Chi yang tidak ingin Shao Kahn kehilangan arah untuk menguasai berbagai dunia agar Quan Chi dan Shinnok dapat merebutnya dari Shao Kahn.

Mortal Kombat Bumi Pertama

The Great Kung Lao, Pahlawan Pertama Bumi

Shao Kahn mengutus seorang penyihir bernama Shang Tsung untuk membuat turnamen Mortal Kombat di bumi. Raiden yang mengetahui hal tersebut mengumpulkan para petarung yang dilatih di sebuah sekte bernama White Lotus Society. Namun sayangnya Shang Tsung yang begitu kuat mampu memenangkan Mortal Kombat sebanyak 9 kali.

Pada turnamen terakhir sebagai syarat untuk menguasai dunia, rencana Shao Kahn dikacaukan oleh seorang petarung bumi bernama the Great Kung Lao. Petarung ini mengalahkan Shang Tsung dan mereset kembali kemenangan Outworld sehingga mereka tidak dapat menguasai bumi.

Shao Kahn kemudian merekrut pangerat Shokan bernama Goro yang merupakan keturunan naga dan bertangan 4. Goro kemudian ikut pada turnamen selanjutnya dan langsung mengalahkan the Great Kung Lao. Hal ini menjadi kemenangan pertama Outworld dan kemenangan tersebut terus berlanjut hingga 8 kali lagi.

Cerita Game Mortal Kombat (1992)

Timeline Mortal Kombat 1992

Selama kemenangan Goro, Onaga yang telah sadar kini mencari cara agar dapat hidup kembali. Dirinya mengirim kesadarannya untuk bertemu seorang petarung handal bernama Shujinko dan mengaku sebagai Elder God. Onaga memberi Shujinko misi untuk mengumpulkan Kamidogu yang sebenarnya dapat menghidupkan dirinya kembali dan menghadiahi Shujinko yang tidak tahu akan hal tersebut kekuatan dan pengetahuan dari para petarung yang ada di dunia.

Sebelum jalan cerita game pertama dimulai, Shang Tsung bekerja sama dengan Quan Chi untuk menghidupkan Shindel sehingga kurungan Shao Kahn hilang dan dirinya mampu untuk langsung turun tangan menguasai bumi jika Goro kalah. Quan Chi meminta Shang Tsung untuk mengambil amulet Shinnok sebagai bayaran.

Mereka berdua kemudian merekrut 2 clan ninja terbaik yaitu Lin Kuei dan juga Shirai Ryu. Lin Kue mengutus Bi-Han alias Sub-Zero pertama dan Shirai Ryu mengutus Hanzo Hasashi. Misi kedua clan tersebut adalah untuk mengambil amulet dari kuil Raiden.

Sub Zero lah yang berhasil mengambil amulet tersebut dengan mengalahkan para penjaga serta Hanzo Hasashi yang menjadi rivalnya. Namun ketika dirinya akan mengambil amulet tersebut, Quan Chi tiba – tiba datang dan mengambilnya sehingga Sub-Zero merasa ditipu.

Raiden kemudian menghampiri Sub-Zero dan mengatakan bahwa itu adalah jebakan untuk membangkitkan Shinnok. Sub-Zero yang sadar kemudian mengejar Quan Chi ke Netherrealm dan mengalahkannya serta mengambil kembali amulet untuk dikembalikan kepada Raiden.

Kemudian Mortal Kombat kembali diadakan. Raiden mengutus 3 orang dari bumi yaitu Shaolin Monk, Liu Kang, Special Forces agent, Sonya Blade, dan Bintang Hollywood, Johnny Cage. Petarung lainnya yang ikut adalah Kung Lao, Kitana, Kano, Sub-Zero, Scorpio alias Hanzo Hasashi yang dibangkitkan kembali. Kemenangan didapat oleh Liu Kang yang membuat Outworld lagi – lagi harus memenangkan 10 turnamen secara beruntun agar mampu menguasai bumi.

Cerita Mortal Kombat 2

Timeline Mortal Kombat 2

Shao Kahn yang murka kini menuntut Shang Tsung untuk bertanggung jawab atas kekalahan. Shang Tsung yang telah memiliki rencana cadangan menyarankan untuk menghidupkan kembali Shindel agar Kahn dapat menguasai bumi serta membuat turnamen kedua di Outworld dengan stipulasi jika Outworld menang maka bumi akan dikuasai.

Shao Kahn yang senang akan ide tersebut memberikan Shang Tsung kekuatan dan keabadian. Kemudian mereka mengutus Baraka untuk menghabisi para petarung bumi agar bumi menerima tantangan tersebut. Sementara itu Sub-Zero yang sebelumya mati karena dibunuh Scorpio kini menjadi Noob Saibot. Nama Sub-Zero sendiri kini digunakan oleh adiknya yaitu Kuai Liang.

Sub-Zero 2 kini bersama sahabatnya yaitu Smoke menginvestigasi kematian abangnya. Namun sayangnya Smoke tertangkap oleh clannya sendiri dan dijadikan Cyborg. Scorpio yang bertemu dengan Sub-Zero baru ini sadar bahwa ninja biru tersebut adalah orang yang berbeda dan memutuskan untuk tidak melawannya karena tidak memiliki alasan.

Kitana juga kini menyadari bahwa dia memiliki saudara Clone DNA dirinya dan Tartakan bernama Mileena yang diciptakan oleh Shang Tsung. Kini Kitana bergabung dengan para petarung bumi melawan Shao Kahn. Turnamen ini juga dimenangkan oleh Liu Kang yang telah mengalahkan Shang Tsung, Kintaro, dan juga Shao Kahn. Dirinya memenangkan turnamen dengan membuat perut Shao Kahn hancur dari pukulannya.

Cerita Mortal Kombat 3

Timeline Mortal Kombat 3

Meskipun Shao Kahn Kalah, Quan Chi berhasil menghidupkan Sindel dan membuat Shao Kahn dapat menyerang bumi. Raiden sekali lagi mengumpulkan para petarung bumi untuk membantu dirinya. Karakter baru dari kubu ini adalah Stryker dan Kabal.

Sayangnya Kabal dibantai oleh Kintaro dan sekarat, namun dirinya dapat tetap hidup karena berbagai alat yang dipasangkan ke dirinya. Korban dari serangan ini adalah Johnny Cage yang mati dibunuh oleh Motaro. Cage dapat hidup kembali sementara karena kekuatan sihir antar dunia yang masuk kedalam dirinya.

Sub-Zero yang sudah muak dengan ideologi Lin Kuei kini membantu para petarung bumi namun sayangnya dirinya dikejar oleh Cyborg bernama Sektor, Cyrax, dan juga Smoke yang kini menjadi Cyborg. Dirinya mampu menyadarkan Smoke dan mereka berdua melawan Sektor dan Cyrax.

Kitana mampu menyadarkan ibunya yang dibangkitkan oleh Quan Chi, dan temannya Kitana yaitu Jade yang akan membunuhnya kini bergabung dan membantu bumi dari serangan Shao Kahn.

Kung Lao berhasil melawan Baraka namun sayangnya dirinya mati ditangan Shao Kahn. Liu Kang yang sadar akan hal itu marah dan langsung menyerang Shao Kahn dan mengirimnya kembali ke Outworld. Dunia pun kembali tentram setelah kemenangan Liu Kang.

Cerita Mortal Kombat 4

Timeline Mortal Kombat 4

Shinnok kini mampu keluar dari Netherrealm berkat seorang penghianat Edeni bernama Tanya. Dirinya mengumpulkan Quan Chi, Tanya, Reiko, Reptil, Baraka, Noob Saibot, Mileena, dan Scorpion untuk menyerang Bumi.

Namun Shinnok tidak sadar bahwa Quan Chi memegang Amulet Asli dirinya sehingga kekuasaan berada ditangan Quan Chi. Shinnok ingin menguasai Jinsei yaitu sumber kekuatan Bumi.

Dirinya ingin meracuni sumber tersebut dan menghancurkan bumi untuk dapat ia kuasai. Dan tentunya sekali lagi Raiden mengumpulkan para petarung bumi untuk melawan Shinnok. Wind God Fujin, Liu Kang, Johnny Cage, Sonya, Jax, Kung Lao, Kitana, dan juga Kai. Selain itu, Cyrax, Goro, dan Jarek yang menjadi musuh kini membantu Raiden melawan Shinnok.

Quan Chi menyakinkan Scorpion bahwa Sub-Zero 2 lah yang membunuh keluarga dan Clannya. Namun ketika Sub-Zero hampir kalah, Quan Chi mengakui bahwa dirinya adalah dalang dibalik kehancuran clan Scorpion dan langsung mengurun Scorpion kembali ke Netherrealm. Sayangnya, Scorpion mendengar hal tersebut dan sadar, dirinya langsung menarik Quan Chi dan mereka berdua terkurung di Netherrealm.

Akhir cerita, Liu Kang lah yang lagi – lagi menyelamatkan bumi. Dirinya mengalahkan Shinnok dan mengirimnya kembali ke Netherrealm. Kitana menawarkannya untuk menjadi raja Edenia untuk menemaninya sebagai Ratu namun ditolak karena Liu Kang memilih bumi sebagai tempatnya.

Cerita Mortal Kombat Deadly Alliance

Timeline Mortal Kombat Deadly Alliance

Quan Chi yang dikurung di Netherrealm berhasil kabur karena ditolong oleh 2 makhluk dunia tersebut yaitu Moloch dan Drahmin. Dirinya bertemu dengan pasukan Onaga yang menjadi mumi dan membuat rencana.

Quan Chi kemudian ke Outworld dan bertemu Shang Tsung, mereka membangun aliansi dengan mengambil jiwa para petarung dan memasukkannya kedalam mumi pasukan Onaga agar mereka dapat menguasai dunia.

Namun sebelum itu mereka harus menghabisi 2 ancaman besar yaitu Shao Kahn dan juga Liu Kang. Aliansi tersebut mampu menghabisi Shao Kahn. Kemudian mereka ke bumi dan langsung menghabisi Liu Kang. Liu Kang dan Shao Kahn pun kini telah mati ditangan aliansi ini.

Sementara itu Edenia dan Outworld kini sedang berperang dan Goro mati dalam pertarungan. Namun ternyata, Shao Kahn menghidupkannya kembali dan yang dibunuh oleh Aliansi mematikan tersebut adalah Shao Kahn yang palsu.

Di sisi lain, Sub-Zero kini menjadi pemimpin Lin Kue dengan mengalahkan Sektor. Dirinya membangun kembali clan tersebut dan mendidik Frost, seorang wanita egois yang memiliki kekuatan es.

Scorpion kini mengejar Quan Chi namun diserang oleh Moloch dan Drahmin. Dirinya kalah dan terlempar kedalam Soulnado dan tubuh Scorpion hancur serta menghilang. Ninja ini kini dianggap mati.

Reptile dan Cyrax kini diperdaya oleh Nitara yang merupakan seorang vampire untuk menyelamatkan dunia vampir dari Outworld. Namun Reptile secara tidak sengaja bertemu dengan telur naga Onaga dan dirinya menjadi tubuh untuk kebangkitan Onaga.

Tentunya hal ini membuat Raiden mengumpulkan para petarung kembali untuk menyelamatkan dunia serta membalas dendam atas kematian Liu Kang. Kung Lao, Johnny Cage, Sonya, Jax, Kitana, Sub-Zero, dan Frost direkrut untuk bertarung.

Sayangnya mereka semua kalah melawan Aliansi Quanchi dan Shang Tsung. Pertarungan Ini menjadi penutup dari game Deadly Alliance.

Cerita Mortal Kombat Deception

Timeline Mortal Kombat Deception

Pertarungan sebelumnya dimenangkan oleh Shang Tsung dan Quan Chi. Hanya Raiden lah yang selamat dari pertarungan mematikan tersebut. Namun Aliansi ini langsung terpecah dimana Quan Chi mengalahkan Shang Tsung.

Meskipun begitu, Onaga telah bangkit dan menghampiri mereka. Raiden, Shang Tsung dan Quan Chi akhirnya bergabung untuk melawan Onaga namun tetap dikalahkan oleh raja tersebut.

Raide memilih untuk menghancurkan dirinya dan menghabisi semua yang ada disekitar. Sayangnya Onaga masih hidup dan menggunakan Kamidogu untuk menghidupkan kembali para petarung yang telah mati dan mencuci otak mereka untuk digunakan sebagai pasukannya.

Raiden kembali hidup di tempat lain namun menjadi Dark Raiden dengan mata merah. Dirinya yang penuh amarah kini berusaha melindungi bumi bagaimanapun caranya, termasuk menghidupkan Liu Kang menjadi Zombie.

Sementara itu jiwa Liu Kang bertemu dengan Ermac yang telah sadar dan menyakinkannya untuk menyelamatkan teman – temannya yang telah dicuci otak oleh Onaga. Ermac kemudian membantu Liu Kang.

Di sisi lain, Elder Gods menyelamatkan Scorpion dan memberinya misi sebagai pahlawan yang diutus para Elder Gods untuk menyelamatkan seluruh dunia dari Onaga. Clan Shirai Ryu akan dibangkitkan kembali jika Scorpion menyelesaikan misi tersebut.

Realm lain juga ikut pada game ini seperti Orderrealm dan Chaos Realm. Orderrealm atau Seido bergabung dengan Onaga untuk menguasai dunia. Sementara itu Havik yang merupakan Cleric of Chaos menyelamatkan Kabal dan menyakinkannya untuk membangun kembali Black Dragon.

Ermac dan Jiwa Liu Kang berhasil menyelamatkan para petarung. Dan Onaga kemudian kalah, namun bukan Scorpion lah yang mengalahkannya, melainkan Shujinko yang pada game sebelumnya diperdaya oleh Onaga.

Shujinko menyerap semua keahlian para petarung yang ada dan menghancurkan semua bagian Kamidogu untuk menghabisi Onaga selamanya. Kemudian Blaze menghampiri KItana dan menyuruhnya untuk mengumpulkan semua petarung untuk melawan kejahatan. Dirinya menjanjikan jika Kitana berhasil maka kedamaian abadi akan tercapai.

Cerita Mortal Kombat Armageddon

Timeline Mortal Kombat Armageddon

Kini semua karakter yang telah mati kembali hidup. Para penjahat dari Shao Kahn hingga Onaga berkoalisi untuk mengalahkan para pahlawan yang ada di dunia. Scorpion kini juga bergabung dengan mereka setelah dikecewakan oleh ELder Gods yang menghidupkan clan Shirai Ryu sebagai Ghoul.

Taven yang selama ini tidur kini telah bangun dan mengetahui bahwa rencana orang tuanya berantakan karena ulah saudaranya yaitu Daegon. Saudaranya kini menjadi penjahat yang gila.

Taven mengelilingi dunia dan bertemu berbagai karakter hingga Battle of Armageddon terjadi. Pertarungan tersebut membuat para karakter game ini berkumpul di sebuah tempat dengan piramid besar dengan Blaze berada dipuncak.

Semua karakter saling bertarung dan memanjat piramid tersebut untuk mendapatkan kekuatan Blaze. Pertarungan Battle Royale pun terjadi. Dan ternyata yang berhasil sampai di puncak adalah Shao Kahn.

Shao Kahn telah mengalahkan Blaze, dan hal tersebut disaksikan oleh Raiden. Raiden kemudian mengambil amulet yang selalu dibawanya dan membaca mantra serta berteriak “He Must Win”. Kejadian ini menjadi penutup Mortal Kombat Armageddon.

Cerita Mortal Kombat 9 (2011)

Timeline Mortal Kombat 9

Pesan yang di teriakkan oleh Raiden pada game sebelumnya terdengar oleh Raiden yang ada pada game Mortal Kombat pertama. Raiden pada waktu tersebut kemudian diberikan penglihatan akan masa depan yang sangat banyak.

Raiden menyakini maksud pesan tersebut adalah Liu Kang harus menang melawan Shang Tsung. Maka jalur cerita tidak banyak berubah untuk saat ini. Raiden sendiri memang menyakinkan Scorpion untuk tidak menghabisi Sub-Zero karena nantinya akan melahirkan Noob Saibot. Namun Quan Chi memancing Scorpion dan rencana Raiden untuk menghindari kejadian tersebut gagal.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Turnamen Mortal Kombat dimenangkan oleh Liu Kang seperti sebelumnya. Namun Amulet yang dipegang Raiden masih tetap retak. Dan dirinya menyadari bahwa masa depan masih belum berubah sama sekali.

Cerita untuk Mortal Kombat 2 cukup berbeda pada Timeline ini. Raiden menghalangi Lin Kuei untuk menangkap Smoke, namun akibatnya Sub-Zero 2 menjadi Cyborg pada timeline yang baru ini. Dan Lin Kuei juga memilih untuk membantu Shao Kahn.

Raiden kemudian berfikir bahwa yang harus menang adalah Kung Lao. Namun hal tersebut membuat Liu Kang sedikit tersinggung. Kung Lao mengalahkan Shang Tsung, Quan Chi, dan juga Kintaro namun karena kesombongannya dirinya mati ditangan Shao Kahn yang menyerangnya secara diam – diam dari belakang.

Marah karena kematian temannya, Liu Kang langsung menyerang Shao Kahn dan seperti seri MK 2, pertarungan dimenangkan oleh Liu Kang. Namun tetap saja amulet yang dimiliki Raiden masih retak sehingga hal tersebut bukan jawabannya.

Kejadian Mortal Kombat 3 juga cukup berbeda pada versi reboot ini. Johnny Cage yang akan mati ditangan Motaro saat penyerangan Outworld ke Bumi diintervensi oleh Raiden. Dirinya menyelamatkan Johnny Cage dari kematian.

Kabal kini melawan Cyber Sub-Zero dan menang melawan robot tersebut serta menyadarkan Sub-Zero dan membuatnya membantu pasukan bumi. Dirinya kini menjadi mata – mata pasukan bumi dengan mengikuti Shao Kahn.

Quan Chi membuat Soulnado di kota dan membangkitkan Noob Saibot serta memperkuat Shao Kahn. Sub-Zero berhasil mengalahkan Noob Saibot dan NIghtwolf berhasil mengalahkan Quan Chi.

Namun sayang dari sekian banyak hal yang diubah oleh Raiden, amulet tersebut masih tetap retak sehingga dirinya mulai mempertanyakan apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan masa depan.

Dirinya bersama Liu Kang pergi untuk bertemu Elder Gods yang mengatakan bahwa Shao Kahn secara teknis tidak melakukan kesalahan untuk saat ini. Di saat yang sama, pasukan bumi diserang oleh Lin Kuei dan Shao Kahn membunuh Shang Tsung untuk membuat Sindel menjadi lebih kuat.

Sindel yang kini menjadi sangat kuat pergi dan menghabisi Jade, Stryker, Sub-Zero, Kabal, Jax, Smoke, dan juga Kitana. Nightwolf mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Kitana. Namun ketika Raiden dan Liu Kang kembali, Kitana telah sekarat.

Liu Kang yang sudah tidak terima atas tindakan Raiden kini marah dan pergi meninggalkan Raiden. Raiden kini ingin bekerja sama dengan Quan Chi. Sama seperti timeline sebelumnya, Quan Chi menolak.

Raiden kini berpikir bahwa yang harus menang adalah Shao Kahn. Dengan berhasilnya Shao Kahn menguasai bumi makan Elder Gods akan turun tangan dan mengalahkan Shao Kahn. Namun Liu Kang berpikir hal tersebut tidak masuk akal dan pergi melawan Shao Kahn.

Raiden menahan Liu Kang dan mereka pun bertarung. Akibatnya, Liu Kang mati dan mengutuk Raiden sebelum nafas terakhirnya. Shao Kahn kini menguasai bumi dan para Elder Gods kini turun tangan dengan memberi Raiden kekuatan untuk mengalahkan Shao Kahn.

Efek dari kejadian tersebut, hanya Raiden, Johnny, dan Sonya yang selamat. Quan Chi kemudian datang dan mengatakan bahwa ini adalah bagian dari rencananya untuk membangkitkan Shinnok. Cerita kemudian berlanjut di Mortal Kombat X

Cerita Sebelum Mortal Kombat X

Sebelum MKX Dimulai

Kini masa depan telah berubah drastis dan perperangan melawan Shinnok semakin parah dimana bumi kehilangan para pejuangnya. Bumi hanya memiliki Raiden, Fujin, Johnny, Sonya, dan Kenshi.

Sementara itu pasukan Shinnok memiliki para pahlawan yang telah dibangkitkan menjadi revenant. Meskipun begitu, Johnny Cage mampu mengalahkan Shinnok karena Johnny memiliki darah keturunan pejuang kuno dan kekuatan super.

Namun Johnny Cage dikalahkan oleh Quan Chi dan sekarat. Raiden kemudian menggunakan kekuatannya dan menyelamatkan nyawa Johnny serta para revenant yang ada di lokasi tersebut kembali menjadi manusia.

Kini Scorpion, Sub-Zero 2 dan juga Jax telah kembali menjadi manusia. Dan Raiden mengerti cara menyelamatkan para petarung bumi yang menjadi revenant. Namun Quan Chi ternyata berhasil kabur.

Johnny dan Sonya menikah dan memiliki anak namun mereka akhirnya bercerai karena kesibukan Sonya sebagai Special Forces. Jax yang trauma akan dirinya ketika menjadi Revenant memilih untuk menjadi warga Sipil dan memiliki anak. Sementara itu Sub-Zero mengambil alih Lin Kuei dari Sektor.

Scorpion bertemu Kenshi dan memilih untuk membangun kembali Shirai Ryu serta merawat Takeda yang merupakan anak Kenshi. Raiden menyembunyikan amulet Shinnok dengan menggunakan Kamidogu.

Sementara itu Outworld kini terpecah 2 dimana dunia tersebut terbagi 2 kubu yaitu kubu Kotal Kahn dan Mileena. Kotal kini menguasai Outworld dan membuat Mileena bersembunyi dari kubu Kotal.

Cerita Mortal Kombat X

Timeline Mortal Kombat X

20 Tahun telah berlalu, kini Sub-Zero telah berdamai dengan Scorpion karena perseteruan mereka adalah manipulasi dari Quan Chi. Johnny Cage kini mengumpulkan anak – anak muda sebagai penerus pahlawan bumi.

Anggota dari tim yang dibentuk tersebut adalah Takeda, Cassie Cage, Jacqui Brigg, dan Kung Jin. Sementara itu Kano berhasil merebut Amulet Shinnok dan menjualnya kepada Mileena untuk menguasai Outworld.

Tim baru tersebut dipimpin oleh Cassie dan mereka pergi ke Outworld untuk meminta bantuan dari Kotal Kahn. Karena kesalah pahaman, Kotal hampir saja membuat tim tersebut mati.

Akhirnya kedua pihak berhasil berdamai dan mengejar Mileena. D’Vorah yang merupakan anak buah Kotal menhabisi Mileena dan mengambil Amulet tersebut. Kotal yang kini memegang amulet menolak untuk mengembalikan amulet kepada raiden karena dinilai gagal menjaganya.

Namun ternyata D’Vorah adalah agen dari Quan Chi dan mencuri amulet Shinnok. Kemudian Jax kembali aktif menjadi pasukan dan menangkap Quan Chi. Scorpion kemudian hadir dan memaksa semua orang yang ada untuk melihatnya menghabisi Quan Chi atas dasar dendam.

D’Vorah yang memegang Amulet kemudian datang dan memberi Quan Chi amulet tersebut. Sebelum Quan Chi mati, dirinya berhasil menghidupkan Shinnok. Para pahlawan yang mati kini tidak dapat kembali menjadi manusia karena keegoisan Scorpion melawan Quan Chi.

Shinnok memulai invasi kembali dan menguasai dunia. Shinnok juga menyiksa Johnny Cage. Cassie yang tidak terima ayahnya disiksa mendapat kekuatan yang sama dengan Johnny dan berhasil mengalahkan Shinnok.

Raiden kini membersihkan semua energi gelap Shinnok dan terkena dampaknya. Dirinya menjadi Dark Raiden dengan menggunakan amulet Shinnok. Kemudian Dark Raiden menghampiri Netherrealm yang dikuasai oleh Revenant Liu Kang dan Kitana.

Dirinya melempar kepala Shinnok kepada mereka dan memberikan peringatan untuk tidak menyerang bumi atau akan bernasib sama seperti Shinnok. Selain Netherrealm, Outworld juga dikunjungi oleh Raiden.

Kotal Kahn mengadakan Mortal Kombat agar Raiden tidak menghancurkan Outworld. Atas bantuan Bo Rai Cho, Bumi kalah dan Outworld selamat dari kemarahan Raiden. Namun Timeline sangat berubah total dimana Raiden berhasil menipu Cassie untuk membunuh Shujinko dan mengakibatkan Onaga tidak jadi bangkit pada timeline ini.

Cerita Mortal Kombat 11

Timeline Mortal Kombat 11

Kronika yang merupakan ibu dari Shinnok dan Cetrion adalah seorang Titan yang selama ini menghilang. Dirinya merupakan penjaga waktu dan berharap agar anak – anaknya berada di posisi yang diuntungkan.

Namun sayangnya kematian Shinnok membuatnya murka. DIrinya mambu mengubah hidup manusia dengan kekuatannya, tapi tidak dengan Dewa. Dirinya berkali – kali membuat dunia yang sempurna namun selalu gagal karena tindakan Raiden.

Dan selama ini, pertarungan Liu Kang melawan Raiden merupakan hasil manipulasi dirinya karena kedua karakter tersebut merupakan ancaman terberat Kronika. Raiden kini memimpin Special Force untuk menghabisi Revenant Liu Kang dan Kitana.

Hal tersebut berhasil namun mereka kehilangan Sonya. Kronika kemudian datang ke Netherrealm dan mengembalikan waktu serta merekrut Revenant Liu Kang dan Kitana. Misi Kronika saat ini adalah membangun timeline dimana Raiden tidak pernah ada. Dan untuk itu, dia butuh suatu benda yang dapat membuat kekuatannya mampu melakukan hal tersebut.

Kronika membuka retakan waktu dan para karakter dari Mortal Kombat 2 terseret ke masa saat ini. Semua karakter dapat bertemu versi mereka saat ini namun Raide yang merupakan seorang dewa tidak dapat bertemu dirinya karena Dewa tidak terikat oleh waktu.

Raiden sadar akan tindakannya di masa depan. Karakter yang datang dari retakan waktu tersebut adalah Liu Kang, Kung Lao, Kitana, Sonya, Jax, Johnny Cage, dan Jade. Tentunya saat ini ada 2 Johnny Cage yang hidup.

Sementara itu, Kronika merekrut pejuang – pejuang yang dapat membantunya untuk mencapai rencana utamanya. Saat ini, dirinya merekrut Geras, Cetrion, D’Vorah, Kano, Frost, dan Jax.

Dan karakter dari masa lalu yang direkrut adalah Shao Kahn, Skarlet, Noob Saibot, Kano, Erron Black, Kabal, Scorpion, Sektor serta Cyrax. Frost yang kecewa akan Lin Kuei kini mengaktifkan kembali Cyber Initiative dan merubah separuh tubuhnya menjadi Cyborg.

Ternyata selama ini Kotal dan Jade adalah sepasang kekasih dan mereka kini bersatu kembali. Baraka juga ternyata datang dari retakan waktu dan tentunya ini membuat Kotal marah dan berusaha menghabisi Baraka. Hal tersebut gagal karena Jade menghentikannya dan mereka pun tertangkap oleh Shao Kahn.

Kitana yang mendengar penangkapan tersebut kini mengumpulkan para pasukan Outworld untuk melawan Kronika. Baraka dan Sheeva memilih untuk bergabung dengan KItana karena Shao Kahn akan membuat mereka menjadi budak.

Ketika Kotal akan dieksekusi oleh Shao Kahn, Kitana datang dan melawan Shao. Alhasil, Kotal berhasil diselamatkan dan dirinya turun tahta serta mengangkat Kitana menjadi Kitana Kahn, penguasa Outworld.

Di sisi lain, Sektor menghancurkan dirinya sendiri untuk menghabisi marksa Special Force. Sonya berhasil menghabisi Kano dari masa lalu sehingga membuat kano masa sekarang hilang dari dunia.

Sementara itu Scorpion masa saat ini mati dari serangan D’Vorah. Hal ini membuat Scorpion masa lalu berpindah kubu dan bergabung dengan para pahlawan bumi. Centrion juga telah menghabisi para Elder Gods demi rencana Ibunya.

Karena putus asa, Raiden akhirnya menggunakan amulet Shinnok dan menjadi sangat berbahaya. Dirinya kemudian bertarung melawan Liu Kang. Pertarungan tersebut membuat raiden tersadar bahwa mereka dimanipulasi oleh Kronika.

Kunci kekalahan Kronika adalah kerja sama Raiden dan Liu Kang. Namun Kronika datang dan menculik Liu Kang. Raiden kini mengumpulkan pasukan dan menyerbu markas Kronika yang berada di Netherrealm.

Perperangan di Netherrealm berjalan dengan sangat luar biasa. Geras yang tidak dapat mati akhirnya disegel dalam lautan darah yang tak berdasar. Jax kembali sadar atas kesalahannya dan bergabung dengan pasukan Raiden.

Selama peperangan terjadi, Revenant Liu Kang menyerap jiwa Liu Kang dari retakan waktu namun dirinya dikalahkan oleh Raiden. Dewa petir ini mendapatkan solusi dengan cara menggabungkan jiwanya dengan Revenant Liu Kang.

Hasil pergabungan 3 jiwa tersebut membuat Liu Kang menjadi Fire God Liu Kang yang kebal atas manipulasi Kronika. Kini, Fire God Liu Kang memimpin pasukan dan menyerang markas Kronika.

Tapi Kronika mengembalikan waktu sehingga pada lokasi tersebut hanya Fire God Liu Kang dan Kronika yang hadir. Keduanya bertarung hingga Kronika membawa mereka kembali ke masa awal mula dunia terjadi.

Liu Kang memenangkan pertarungan dan menghabisi Kronika. Raiden kemudian keluar dari tubuh Liu Kang dan memilih hidup sebagai manusia. Liu Kang kini menjadi penjaga waktu dan membangun timeline baru.

Cerita Mortal Kombat 11 Aftermath

Timeline Mortal Kombat 11 Aftermath

Sesaat sebelum Liu Kang mengembalikan waktu, portal muncul dan Shang Tsung, Nightwolf, serta Fujin keluar dari portal tersebut. Sebelum kejadian game MK 11, mereka bertiga dikurung oleh Kronika karena tidak mengikuti kemauan Kronika.

Shang Tsung menjelaskan bahwa jika Liu Kang menggunakan Jam Pasir Kronika, maka dunia akan hancur karena pengendali jam tersebut membutuhkan mahkota Kronika agar mampu mengendalikannya secara sempurna.

Liu Kang pun mengirim 3 orang tersebut kembali ke masa dimana mahkota masih utuh. Jalan cerita pun terulang kembali dari saat pertarungan Kitana melawan Shao Kahn. Namun kehadiran mereka bertiga diketahui oleh beberapa pihak.

Disinilah terjadi perubahan waktu yang cukup signifikan, dimana mereka harus pergi mengambil mahkota kronika sebelum kronika mengambilnya terlebih dahulu. Untuk membuat rencana tersebut berhasil, Shang Tsung menyarankan untuk menghidupkan Sindel.

Mereka pun menghidupkan Sindel dan pergi ke lokasi mahkota kronika. Namun ketika tiba, mereka dihadang oleh Revenant Kabal dan Revenant Jade. Nightwolf dan Sindel memilih tinggal dan melawan kedua revenant tersebut.

Fujin dan Shang Tsung melanjutkan pencarian mahkota namun mereka bertemu Jax dan Noob Saibot. Setelah kemenangan Fujin dan Shang Tsung, Fujin menyakinkan Jax untuk membantu pasukan bumi lebih cepat dari timeline sebelumnya.

Mereka berhasil mendapatkan mahkota dan langsung menuju markas Scorpion yang dimana Raiden serta Liu Kang berada disana sesaat sebelum mereka berdua bertarung di timeline sebelumnya.

Namun kesalahpahaman terjadi karena kehadiran Shang Tsung. Pertarungan terjadi dan berhasil dihentikan oleh Fujin. Mereka menyarankan rencana yang sedang dilakukan dan menyakinkan semua orang dengan rencana tersebut.

Beberapa hal detil berubah pada Aftermath sehingga perjalanan cerita cukup berbeda. Kronika datang dan menggunakan kekuatannya untuk membekukan semua orang, namun Fujin berhasil bebas karena menggunakan mahkota Kronika.

Mereka semua langsung menyerang markas Kronika. Pertarungan besar tetap terjadi dengan sedikit perbedaan dimana Shang Tsung menyakinkan Shao Kahn dengan membawa Sindel. Mereka bertiga membangun aliansi yang nantinya akan menghianati semua pihak.

Shang Tsung berhasil mengambil mahkota dari Fujin dan menggunakannya serta menyerap kekuatan Jax, Raiden dan juga Fujin. Dirinya menyuruh Shao Kahn serta Sindel untuk masuk kedalam ruangan Kronika terlebih dahulu.

Ketika Shang Tsung sampai kedalam ruangan Kronika, dirinya berhasil mengalahkan semuanya termasuk menghianati Shao Kahn serta Sindel dengan menyerap jiwa mereka berdua.

Shang Tsung berhasil mengalahkan Kronika dan menyerap kekuatan Kronika. Namun ketika Shang Tsung akan menggunakan jam pasir Kronika, Fire God Liu Kang datang dari awal mula waktu dan menghentikannya.

Fire God Liu Kang mengatakan bahwa semua ini adalah bagian dari rencananya agar Shang Tsung dapat membawa mahkota kronika kepada dirinya. Kaget akan rencana licik Fire God Liu Kang yang mampu mengorbankan banyak orang, Shang Tsung pun bertarung melawannya.

Reset dan Dibentuknya Dunia Mortal Kombat 1

Reset dunia menjadi Mortal Kombat 1

Timeline Canon pada cerita ini adalah Liu Kang berhasil menggagalkan rencana jahat Shang Tsung dan mendapatkan Mahkota tersebut. Dirinya melakukan reset untuk semua dunia dan mengunjungi the Great Kung Lao.

Dunia terlihat cukup berbeda dimana beberapa karakter kini memiliki penampilan serta sifat yang cukup berbeda. Kitana kini tidak memiliki konflik dengan Mileena. Sub-Zero dan Scorpion juga terlihat hanya sebagai rival tidak menjadi musuh bebuyutan.

Liu Kang kini menjadi Fire God dan sepertinya akan mengajari the Great Kung Lao menjadi petarung terbaik dari Bumi yang akan mengikuti turnamen Mortal Kombat untuk melawan Shao Kahn.

Itulah timeline Mortal Kombat lengkap dari awal hingga game terbarunya. Mortal Kombat 1 yang merupakan versi reboot akan rilis tahun ini tepatnya 19 September 2023. Game ini juga akan memperlihatkan gameplaynya pada Summer Game Fest tanggal 8 Juni 2023 nanti.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Mortal Kombat atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version